nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata, Sutradara Despicable Me Putra dari Novelis NH Dini

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 23:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 04 33 1986916 ternyata-sutradara-despicable-me-putra-dari-novelis-nh-dini-A8rk0Lrlr7.jpg NH Dini (Foto: IG @indonesiaartdocumentary)

JAKARTA - Sri Hardini Siti Mukatin atan NH Dini, diketahui telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (4/12/2018) sekira pukul 16.30 WIB. Sastrawan berusia 82 tahun tersebut dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan di tol Semarang.

Kecelakaan tersebut terjadi saat ia melewati turunan Gombel dan tertimpa muatan truk di depannya usai menjalani akupuntur. Jenazah pun akan disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri, dan akan dikremasi di pemakaman Kedugmundu Semarang pada Rabu (5/12/2018) sekira pukul 12.00 WIB.

"Beliau meninggal dunia pukul 16.30 WIB saat berada di IGD Rumah Sakit Elisabeth," ujar Humas RS Elisabeth, Probowati Condronegoro.

(Baca juga: Sutradara Despicable Me 2 Kagumi Karya NH Dini)

Kepergian NH Dini menguak sebuah fakta bahwa dirinya merupakan seorang ibu dari sutradara film Despicable Me, Pierre Coffin. Pernikahannya dengan seorang diplomat asal Perancis, Yves Coffin, pada 1960 silam diketahui menghasilkan dua orang anak, yakni Marie Claire Lintang Coffin dan Pierre Louis Padang Coffin.

Sayang, 24 tahun menikah, NH Dini dan Yves Coffin harus bercerai. Lewat keputusannya tersebut, penulis novel Pada Sebuah Kapal ini memilih untuk kembali ke Indonesia, sementara kedua anaknya ikut dengan sang mantan suami tinggal di Perancis.

(Baca juga: Begini Kronologi Dhea Imut Alami Kecelakaan di Depok)

Sebagai informasi, nama Nh Dini dikenal sebagai sastrawan yang menghasilkan novel-novel tenar. Diantaranya novel Pada Sebuah Kapal yang tenar pada 1972, La Barka pada 1977, Pertemuan Dua Hati pada (1986), Orang-orang Tan pada 1983 dan masih banyak lagi.

NH Dini dikenal sebagai pengarang yang suka mencurahkan apa yang ia rasakan. Dan selain menghasilkan novel hingga cerpen-cerpen, NH Dini sempat menyabet penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand. Sontak dengan penghargaan ini membuat namanya menjadi harum.

Hingga sekarang, mendiang NH Dini telah menulis lebih dari 20 buku. Dan penulisan dari buku-bukunya itu lebih menceritakan mengenai wanita. (sus)

(kem)

BERITA FOTO
+ 2

Kurangnya Regenerasi Pengajar Sastra Jawa

Warga mengikuti kelas macapat atau puisi tradisional Jawa di Balai Sukowati, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Senin (21/11/2016). Pengurus sekolah macapat, membaca dan menulis aksara Jawa tanpa biaya atau gratis tersebut mengaku mengalami kesulitan mencari regenerasi pengajar muda yang suka rela mengabdikan diri melestarikan sastra Jawa.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini