nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NH Dini Tutup Usia, Ini Karya-Karya Termasyhur Miliknya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 19:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 04 33 1986850 nh-dini-tutup-usia-ini-karya-karya-termasyhur-miliknya-XradxrTx2c.jpg Novel Karya NH Dini, Pertemuan Dua Hati (Foto: Ist)

JAKARTA - Dunia sastra Indonesia berduka, kabar meninggalnya NH Dini petang ini menyeruak bak petir di siang hari. Mendadak memang, sebab penulis yang sudah melahirkan novel lebih dari 20 judul tersebut menghembuskan napas terakhirnya dalam sebuah kecelakaan.

Dalam dunia sastra, NH Dini termasuk sastrawan sekaligus penulis yang rutin merilis buku-buku dan karya sastra lainnya. Pemilik nama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin tersebut semakin terkenal lewat karyanya sebagai berikut, yang dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Selasa (4/12/2018).

Baca Juga: Begini Kronologi Dhea Imut Alami Kecelakaan di Depok

Baca Juga: Pacari Komedian Asal Brasil, Intip Pose Mesra Aura Kasih dan Kekasih

 NH Dini

1. Pada Sebuah Kapal

Pada Sebuah Kapal

Dalam novel yang diberi tajuk Pada Sebuah Kapal, NH Dini dianggap begitu menonjolkan sifat lembutnya. Novel yang dilahirkan pada 1972 tersebut, NH Dini tampil sebagai penulis perempuan yang kemudian selalu dinantikan karya-karyanya.

2. Dari Parangakik ke Kampuchea

Dari Perangakik ke Kamboja

Diberi judul Dari Parangakik ke Kampuchea NH Dini mengangkat kisah perilaku seorang suami terhadap istri. Perempuan yang dilahirkan pada 29 Februari 1936 ini memang terkenal sebagai pengarang sastra feminis yang seolah menyuarakan kemarahan kepada kaum pria.

3. La Barka

La Barka

Lewat novel La Barka, NH Dini menampilkan kisah seorang perempuan berdarah Indonesia bernama Bonin yang berjodoh dengan pria dari Prancis. Sayangnya, pernikahan Bonin akhirnya berada di tepi perceraian. Sementara La Barka sendiri adalah nama tempat yang menjadi persinggahan Bonin.

4. Orang-orang Tran

Orang-orang Tran

NH Dini mengisahkan kehidupan pekerja yang lulusan sekolah guru (SPG) pada masanya yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan. Novel ini mengaitkan kehidupan realistik seorang tokoh bernama Samirin, yang membuatnya kehilangan semangat lebih dulu saat melihat jumlah peminat pada lowongan pekerjaan yang disediakan pemerintah.

5. Pertemuan Dua Hati

Pertemuan Dua Hati

Dalam novel Pertemuan Dua Hati, NH Dini menceritakan kisah seorang guru bernama Suci yang berasal dari sebuah desa di Purwodadi, yang akhirnya pindah ke Semarang karena mengikuti suaminya. Sayangnya, anak Suci mengidap penyakit ayan yang merupakan tantangannya dalam menyelesaikan masalah salah satu muridnya, yaitu Waskito. (aln)

1
2
BERITA FOTO
+ 7

Diadaptasi dari Novel Karya Pramoedya, Reza Rahadian dan Chelsea Islan Bermain Kembali dalam Bunga Penutup Abad

Reza Rahadian sebagai Minke, Chelsea Islan sebagai Annelies dan Marsha Timothy sebagai Nyai Ontosoroh dalam pertunjukan Bunga Penutup Abad di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jumat 16 November 2018. Bunga Penutup Abad merupakan sebuah pementasan teater yang diadaptasi dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang termasuk dalam seri novel Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini