Hindari Calo Tiket, Penyelenggara Konser Ed Sheeran Terapkan Sistem Baru

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 28 205 1984176 hindari-calo-tiket-penyelenggara-konser-ed-sheeran-terapkan-sistem-baru-rf8mP0P2Fe.jpg Ed Sheeran (Foto: Reuters)

JAKARTA - Konser Ed Sheeran di Indonesia akan memberlakukan sebuah sistem baru yang jarang diterapkan di konser-konser musik pada umumnya. Setiap pembeli hanya diperbolehkan membeli maksimal empat buah tiket dengan kategori sama.

Hal pembeda dari sistem ticketing konser ini terletak pada peraturan di mana identitas pembeli yang tercatat harus datang bersama dengan tiga tiket lainnya. Promotor juga tidak menyediakan tiket fisik demi mengurangi hadirnya calo tiket.

Baca Juga: Pengasuh Rafathar Ungkap Perlakuan Spesial dari Raffi & Gigi

Baca Juga: R.I.P, Stephen Hillenburg Pencipta Spongebob Meninggal Dunia

BRIT Awards 2018: Penampilan Ed Sheeran Mampu Hipnotis Penonton

“Sistemnya, satu identitas hanya bisa membeli empat tiket. Setelah membeli akan mendapat id, e-ticket, dan nomor kursi. Tidak ada redemptions ke tiket fisik. E-ticket baru diterima tujuh hari sebelum acara. Jadi datang lalu confirmation e-ticket,” kata Mohammad Ario Adimas dari Loket.com selaku penyedia tiket.

“Ketika satu orang sudah membeli empat tiket via e-mail, tiga orang yang beli sama dia itu harus masuk bareng yang membeli via e-mail,” kata Peter Harjanti, dari PK Entertainment, menambahkan penjelasan dari Dimas.

Meski mekanisme penjualan tiket seperti ini baru, masalah tetap dipastikan akan muncul. Salah satu yang paling dipertanyakan adalah bagaimana jika si pemilik identitas tidak bisa hadir saat konser berlangsung.

“Ada www.edsheeran.com yang bisa dibaca lebih lanjut tentang proses ticketing jika si pemegang ID berhalangan hadir. Ya, kami harapkan sih, itu tidak terjadi, ya,” ucap Harry Sudarma, Marketing Director PK Entertainment, di lokasi yang sama.

Mekanisme tersebut memang sengaja diterapkan oleh Ed Sheeran di setiap konsernya di berbagai negara. Ia ingin agar setiap penggemar bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk melihat penampilannya.

Ed Sheeran akan menggelar konser Divide World Tour 2019 Jakarta pada tanggal 3 Mei 2019 di Gelora Bung Karno, Senayan. Konser ini merupakan bagian dari promosi album terbarunya Divide.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini