nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zico Hengkang dari Seven Seasons, Bagaimana Nasib Block B?

Nurdiana, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 13:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 23 205 1981725 zico-hengkang-dari-seven-seasons-bagaimana-nasib-block-b-M5Hon3jHe5.jpg Zico. (Foto: Koreaboo)

SEOUL - Setelah spekulasi sejak September silam, Woo Ji Ho atau yang lebih dikenal dengan nama Zico akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Seven Seasons, setelah 5 tahun bersama. Dengan begitu, Zico juga resmi hengkang dari Block B, boyband yang dipimpinnya 7 tahun terakhir.

Kabar hengkangnya Zico dari Seven Seasons dan Block B, pertama kali dibeberkan oleh seorang sumber dalam agensi tersebut. Menurutnya, hanya Zico dari ketujuh personel Blokc B yang tak melanjutkan kontraknya dengan Seven Seasons.

Baca juga: Tak Ada Produser & Komposer di Agensi, Zico Ciptakan Lagu Sendiri

Tak lama, Seven Seasons kemudian mengklarifikasi kabar itu dan mengamini bahwa Zico memutuskan tidak memperbaharui kontraknya bersama mereka. “Belum lama ini kami mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak eksklusif dengan Zico setelah bersama selama 5 tahun,” ungkap Seven Seasons seperti dikutip dari Koreaboo, pada Jumat (23/11/2018).

Lalu pertanyaannya kemudian akan seperti apa nasib Block B kemudian? Ini cukup menjadi kekhawatiran fans, mengingat Zico adalah napas grup tersebut. Rapper 26 tahun itu tak hanya sekadar lader di grup itu, namun sekaligus pencipta lagu dan produser sejumlah lagu populer Block B.

Namun terkait nasib Block B selanjutnya, Seven Seasons mengungkapkan bahwa grup itu akan tetap berlanjut dengan enam personel. “Namun karena jadwal wajib militer setiap member berbeda satu sama lain, maka kami memutuskan untuk fokus pada jadwal individu masing-masing personel atau promosi unit,” imbuh agensi tersebut.

Keputusan yang Tak Mudah

Meninggalkan Block B tentu bukan keputusan yang mudah bagi Zico. Pasalnya, dia dan keenam rekannya menapaki jalan yang cukup berliku untuk bisa diterima para pencinta musik K-Pop. Sekitar 2 tahun setelah debut, Block B harus ‘berperang’ di pengadilan dengan Stardom Entertainment, mantan agensi mereka.

Pada pertengahan 2013, Pengadilan Seoul memutuskan memenangkan Stardom Entertainment karena tidak ada bukti sahih bahwa mereka tak membayar Block B. Pengadilan tak menutupi kemungkinan adanya salah kelola terhadap penghasilan Block B: USD385.000 (Rp5,62 miliar) dari pendapatan musik dan pendapatan event sebesar USD4.500 (Rp65,7 juta).

Baca juga: Foto Seksi dengan Mario Lawalata, Maria Selena Didoakan Berjodoh

Block B kemudian hengkang dari Stardom Entertainment dan bergabung dengan Seven Seasons. “Ada banyak penghakiman dan pandangan tak enak ketika aku memulai karier sebagai idol. Aku tak bisa apa-apa dengan itu, selain menikmati dan menjalankan peranku di sini (Block B). Aku tak akan membiarkan stigma orang menghalangiku dan musikku. Perlahan, fans mulai menerimaku,” katanya seperti dikutip dari Billboard.

Kini setelah hengkang dari Seven Seasons, Zico berencana akan mendirikan agensi sendiri dan akan kembali debut sebagai penyanyi solo pada 2019. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Zico yang sudah mengeluarkan semua kemampuannya tidak hanya sebagai leader Block B, tetapi juga sebagai produser. Kami berharap semoga dia beruntung di awal kariernya dan akan terus mendukungnya,” ujar Seven Seasons.

Akhir Juli silam, Zico diketahui merilis single solonya, berjudul Soulmate, yang dinyanyikannya bersama IU. Lagu bernuansa upbeat dengan sentuhan jazz itu ditulis Zico bersama Poptime. Single tersebut berhasil mendapatkan respons positif fans kedua musisi tersebut dan menguasai chart musik real time utama di Korea Selatan. *

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Jadi Bintang Tamu Utama, Boyband Korea B.I.G Meriahkan Amazing 14 GlobalTV

Aksi panggung Boyband Korea B.I.G pada perayaan Amazing 14 GlobalTV di MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta, Sabtu (8/10/2016). Pada acara tersebut mereka membawakan salah satu single mereka yang bertajuk "Aphrodite" dan penampilan penutup "Hello".

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini