nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amitabh Bachchan Lunasi Utang 1.398 Petani Sebesar Rp8 Miliar

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 12:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 21 33 1980592 amitabh-bachchan-lunasi-utang-1-398-petani-sebesar-rp8-miliar-0hndBxnacR.jpg Amitabh Bhachchan (Foto: Inside News)

MUMBAI – Aktor ternama asal India, Amitabh Bachchan belum lama ini menuliskan dalam salah satu blognya bahwa ia mengklaim telah melunasi utang 1.398 petani asal Uttar Pradesh, tempat kelahiran aktor 76 tahun.

Selain mengklaim soal pembebasan utang ribuan petani tersebut, Amitabh menyebutkan jika jumlah yang dibayarkan tidaklah sedikit. Yakni senilai lebih dari 40 juta rupee atau setara dengan Rp 8 miliar.

Utang-utang yang dilunasi aktor berusia 76 tahun itu berasal dari Bank of India, yang diklaim telah mengeluarkan "dokumen dan sertifikat pelunasan".

 

"Saya tentunya berkeinginan memberikan dokumen ini, konfirmasi bahwa utang mereka telah dilunasi, secara pribadi," tulis Bachchan seperti dilansir dari BBC, Selasa (20/11/2018).

Baca Juga: Amitabh Bachchan Lunasi Utang 850 Petani di India

Atas hal yang telah dilakukan olehnya, Amitabh Bachchan mengatakan jika ini adalah sebuah ‘pencapaian’ dalam hidupnya.

Selain melunasi utang tersebut, bintang film Kabhi Khushi Kabhie Gham ini juga turut bertanggung jawab untuk membawa para petani itu ke kota Mumbai. Untuk bertemu dengannya sekaligus menerima dokumen pelunasan dari bank.

Mengingat jumlah petani yang mencapai ribuan orang itu, Amitabh hanya meminta perwakilan dari mereka sebanyak 70 orang untuk datang, dengan menyewa satu gerbong kereta api.

Jika sesuai rencana, Para perwakilan petani itu diperkirakan akan tiba pada 26 November mendatang.

Keputusan para petani hingga akhirnya melakukan hal itu adalah dikarenakan lahan yang mereka tanami dilanda berbagai masalah, termasuk kekeringan, sulitnya irigasi, penurunan produktivitas, dan kurangnya modernisasi.

Bahkan akibat terbelit utang, tidak sedikit dari mereka yang terbelit masalah itu mengambil jalan pintas untuk melakukan bunuh diri. Setidaknya sejak tahun 1995, sudah ada lebih dari 300.000 yang meregang nyawa.

Hal inilah yang tidak diingankan oleh seorang Amitabh Bachchan terjadi di tanah kelahirannya, hingga akhirnya membuat ia melunasi utang mereka.

 

Aksi pelunasan utang petani bukan yang pertama kali dilakukan Bachchan. Awal tahun ini, aktor tersebut melunasi utang sebanyak 350 petani asal negara bagian Maharashtra.

Namun, aksi terpuji ini kemudian sedikit tercoreng dengan kabar pembebasan lahan illegal seluas 8.361 m2 oleh pengadilan India.

Bachchan kemudian menghadapi gugatan penipuan yang belakangan dicabut karena ia tidak lagi mengklaim kepemilikan atas lahan tersebut.

(edh)

BERITA FOTO
+ 6

Deretan Artis Bollywood Hadiri IIFA Awards 2017

Aktor Abhay Deol berpose di Green Carpet di ajang International Indian Film Academy (IIFA) Awards di Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey, AS, Sabtu (15/7/2017). The International Indian Film Academy (IIFA) Awards adalah sebuah penghargaan bagi insan perfilman Bollywood. REUTERS / Joe Penney

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini