nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkonsep Kekinian, Pertunjukan 'Genta Sriwijaya' Sasar Kaum Muda

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 03:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 205 1980404 berkonsep-kekinian-pertunjukan-genta-sriwijaya-sasar-kaum-muda-C6RHuY9Wo1.jpeg Para bintang pertunjukan Genta Sriwijaya. (Foto: Okezone/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Pagelaran Budaya Genta Sriwijaya sukses digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), pada Selasa malam (20/11/2018). Berdurasi 1,5 jam, persembahan seni budaya modern tersebut sukses menghibur para penonton.

Hal itu terlihat ketika venue dipenuhi gemuruh tepuk tangan penonton setelah adegan demi adegan tersaji apik dalam balutan tata panggung dan musik spektakuler. Tak hanya itu, pertunjukan ini juga sukses mengocok perut penonton lewat lakon komikal para aktornya.

Baca juga: Unggah Foto Keluarga, Ashanty Dibandingkan dengan Krisdayanti

Denny Malik selaku pengarah seni rupanya punya alasan tersendiri kenapa mengemas pertunjukan itu dalam konsep kekinian atau modern. Dia ingin, budaya yang terkesan tradisional dapat dinikmati oleh berbagai golongan, terutama anak muda.

“Ide pertunjukan ini datang dari komunitas pecinta seni budaya Indonesia. Tujuannya satu. Kami ingin kebudayaan ini ditonton oleh banyak orang,” ujar Denny Malik saat ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM), pada Selasa malam (20/11/2018).

Pagelaran Budaya Genta Sriwijaya juga melibatkan Tohpati yang didapuk sebagai penata musik. Menariknya, musisi 47 tahun itu membuat aransemen baru yang mengacu pada musik Melayu dan Pelog Jawa.

“Musik yang kami tampilkan sebenarnya (berasal) dari sejarah musik belum jelas. Sehingga, kami harus menciptakannya,” kata Tohpati.

Baca juga: Wejangan Tohpati untuk Gitaris Muda Agar Eksis di Industri Musik

Dia menambahkan, “Namun karena ini pertunjukan, kami tak membuatnya seserius ketika musik berkembang di era Syailendra atau Majapahit. Lewat pertunjukan ini kami harus menciptakan musik yang menarik dan menghibur.”

Pagelaran Genta Sriwijaya dibintangi oleh sederet aktor profesional dan public figure. Yenny Wahid, Cathy Sharon, Bambang Pamungkas, hingga Ncess Nabati adalah beberapa di antaranya.

(SIS)

BERITA FOTO
+ 5

Konser Kebudayaan untuk Percepatan Pemulihan Korban Gempa Palu

Musisi Tompi saat meramaikan konser Amal dan Budaya untuk masyarakat Palu, Sigi, dan Donggala, di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 26 Oktober 2018 malam.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini