nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reza Rahadian Ungkap Ritual Sebelum Pementasan Teater

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 06:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 17 206 1979019 reza-rahadian-ungkap-ritual-sebelum-pementasan-teater-a22RMyHj3Y.jpg Reza Rahadian (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Mendengar nama Reza Rahadian di dunia akting, tentu tidak perlu diragukan lagi kemampuannya bukan? Namun tahukah anda jika Reza punya ritualnya tersendiri sebelum tampil, terlebih saat dirinya bermain dalam pagelaran teater.

Dijelaskan oleh Reza Rahadian usai memainkan lakon Bunga Penutup Abad, hal wajib yang harus dilakukan olehnya adalah menyendiri. Hal itu menjadi penting bagi Reza sebagai bentuk penenangan diri selain untuk mengurangi rasa gugup.

Baca juga: Lewat Bunga Penutup Abad, Happy Salma Ajarkan Nilai Kemanusiaan

"Gugup itu perlu banget, supaya kita bisa merasakan semangat dari apa yang kita mainkan. Caranya biar menurunkan tendensi gugup apa? Aku menyendiri," ditemui di teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pada Jumat, 16 November 2018.

bunga penutup abad 

"Menyendirinya itu ada di ruangan, ya kira - kira satu sampai dua jam. Aku juga paling anti sama baca naskah kalau mau pentas. Karena kalau baca lagi, itu cenderung mikir takut salah. Jadi pas mau naik, udah bismillah dan mengalir aja," jelasnya.

Dikatakan oleh Reza apa yang dilakukannya itu justru cukup membantu dirinya untuk merasa lebih tenang dan tidak panik. "Kan udah bismillah, pasrah, berdoa yang terbaik aja. Alhamdulillah semua lancar. Walaupun kita enggak bisa pungkiri beberapa ada yang miss, tapi enggak fatal," ujarnya.

bunga penutup abad 

Lantas jika bintang film Habibie Ainun ini enggan membaca kembali naskah sebelum pentas, bagaimana cara Reza jika saat di panggung mengalami hal lupa skrip?

"Aku punya treatment tersendiri untuk mengantisipasi hal itu. Seperti apa bentuknya aku juga bingung jelasinnya. Karena kan yang seperti itu terjadinya cepat, jadi mesti mikir cepat juga untuk mengalihkan kesalahan itu," jelasnya.

Baca juga: Bawakan Lagu See You Again, Charlie Puth Sukses Tutup Konser 'Voicenotes'

Menurut pria 31 tahun ini, banyak hal yang bisa dilakukan untuk tampil dengan sedikit kesalahan. Dua hal yang menjadi penting adalah dengan melakukan riset dan latihan.

"Ya, riset itu penting untuk tahu karakter apa yang kita mainkan. Apalagi ini sifatnya dari buku. Jadi sumber referensinya ya membaca buku. Terus latihan juga. Untuk pentas ini Seenggaknya aku latihan selama berbulan - bulan. Walaupun sebelumnya udah mainin tokoh Minke, tapi latihan itu harus," pungkasnya.

(ady)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini