nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polemik Via Vallen Vs Jerinx SID, Rian D'Masiv : Dua - Duanya Enggak Salah

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 05:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 16 33 1978539 polemik-via-vallen-vs-jerinx-sid-rian-d-masiv-dua-duanya-enggak-salah-d5R4sUkzkF.jpg Rian D'Masiv (Foto: Rena/Okezone)

JAKARTA - Rian D'Masiv turut angkat bicara soal polemik di antara dua rekan musisinya, Jerinx SID dan Via Vallen. Dikatakan oleh pelantun lagu Jangan Menyerah ini baik Jerinx maupun Via, keduanya sama-sama tidak bersalah.

Rian menjelaskan jika apa yang dilakukan oleh Via sebenarnya sah - sah saja. Apalagi jika itu bentuknya off air, dan tidak dipublikasikan apalagi menjadi barang komersil.

Baca juga: Jerinx 'SID' Siapkan Proyek Film soal Bali

Sebagai sosok yang lagunya sering digunakan oleh penyanyi lain, ia pun tidak mempermasalahkannya. Namun menurut Rian setiap orang punya kebijakan tersendiri atas karya yang dibuat. Termasuk pula Jerinx, apakah lagunya boleh untuk dinyanyikan ulang atau tidak.

"Lagu siapa dinyanyiin siapa, itu kan hal yang biasa. Via enggak salah, karena dia kan cuma nyanyi. Penyanyi lain juga sama suka cover juga," kata Rian saat ditemui di kantor MNC, Kebon Sirih pada Kamis (15/11/2018).

 rian

Ia menambahkan, "Jerinx juga enggak salah. Lah kan lagunya dia yang bikin. Dia punya hak dong soal lagunya itu mau dikasih ke orang untuk dinyanyiin ulang atau enggak. Cuma yang aku lihat, ya etika paling sih. Misalnya D'Masiv mau pakai lagu Gigi, izin ke kang Armand dulu."

Jika hanya untuk keperluan off air, Rian termasuk sosok yang mengizinkan lagu-lagunya digunakan oleh penyanyi lain. Hanya saja ia akan bertindak tegas jika lagu cover itu kemudian dimanfaatkan sebagai ladang bisnis.

"Kalau mau dikomersilkan lagunya, ada aturan yang jelas dong," kata Rian.

Baca juga: Fokus Berkarier, Siti Badriah Belum Pikirkan Pernikahan

Rian berharap agar pertikaian ini segera berakhir dengan jalan damai. Ia sangat menyayangkan karena gara-gara kasus ini kedua musisi berbakat tersebut malah tidak bisa menelurkan karya baru.

"Cepat selesai aja, moga dengan jalan kekeluargaan. Karena kan hadirnya seniman untuk berkarya dan bukan untuk bertikai," paparnya.

(ady)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini