Film Terbaru Bruce Willis Batal Tayang di China

Kamis 18 Oktober 2018 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 18 206 1965628 film-terbaru-bruce-willis-batal-tayang-di-china-jznoBcLo1W.jpg Air Strike. (Foto: China Film Group)

BEIJING - Film Air Strike resmi batal tayang di China. Hal itu diumumkan sang sutradara Xiao Feng, lewat miniblog Weibo, pada 17 Oktober 2018. “Saatnya untuk melepaskan Air Strike. Aku meminta maaf kepada para kru, tim distribusi, dan semua penonton yang telah menantikan film ini,” ungkapnya dalam unggahan tersebut seperti dilansir dari Variety, Kamis (18/10/2018).

Pembatalan tersebut tentu berat bagi Xiao yang berkutat selama 8 tahun terakhir untuk menggarap Air Strike. Namun tudingan pemalsuan anggaran dan tindak pencucian uang dalam skandal dana pensiun Kota Shanghai yang melibatkan tim produksi, memaksa Xiao untuk membatalkan penayangan film tersebut.

Baca juga: Awkarin Jadi Relawan di Palu, Netizen: Gue Salut

Tudingan pemalsuan anggaran tersebut, menurut Variety, datang dari host TV Cui Yongyuan, sosok serupa yang membongkar kasus pengemplangan pajak Fan Bingbing ke publik. Menariknya, Fan adalah salah satu aktris yang berperan dalam Air Strike, bersama aktor laga Bruce Willis.

Namun Wang Ding, selaku eksekutif produser proyek tersebut kekeuh mengatakan bujet penggarapan Air Strike hanya di kisaran USD21,7 juta (Rp325,5 miliar). Sementara sumber lain, klaim Comingsoon, mengungkapkan bujet film itu menyentuh USD90 juta atau setara dengan Rp1,35 triliun.

Pembelaan Wang Ding itu nyatanya tak membantu banyak. Pasalnya, pamor Air Strike terlanjur terperosok ketika awal Oktober silam, Fan Bingbing resmi masuk dalam daftar pengemplang pajak di China.

Seperti dilaporkan Okezone sebelumnya, Biro Pajak Provinsi Jiangsu mengharuskan aktris 37 tahun itu membayar denda dan tunggakan pajaknya senilai total USD129 juta atau setara Rp1,92 triliun. Hal itu dilakukan pihak berwenang setelah aktris X-Men: Days of Future Past itu menunggak pembayaran pajaknya senilai USD37,12 juta (Rp556,21 miliar).

Baca juga: Ngutang Pajak Hampir Rp2 Triliun, Fan Bingbing: Aku Minta Maaf..

Dengan pembatalan Air Strike di China, masih belum diketahui kelanjutan distribusi film tersebut selanjutnya. Seperti diketahui, Legendary Pictures memegang hak tayang Air Strike di Amerika Utara dan beberapa pasar internasional lainnya.

Sementara itu, Air Strike berkisah tentang aksi pengeboman Kota Chongqing oleh Jepang, saat Perang Dunia II berkecamuk. Selain Fan Bingbing dan Bruce Willis, film itu juga diperankan oleh sederet aktor besar Asia lainnya, seperti Song Seung Heon, William Chan, dan Liu Ye.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini