nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BTS Menjadi Artis K-Pop Pertama yang Raih Sertifikasi Double Million dari Gaon Chart

Sasya Semitari P, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 13:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 13 205 1963532 bts-menjadi-artis-k-pop-pertama-yang-raih-sertifikasi-double-million-dari-gaon-chart-Nk5rljaz7x.jpg BTS (Foto: Soompi)

SEOULGaon Chart merilis data terbaru untuk penjualan Oktober pekan pertama dan akumulasi penjualan di bulan September lalu. Dalam data yang dirilis, tercatat bahwa BTS mendapatka sertifikasi Double Million dan menjadikan mereka grup K-Pop pertama yang mendapatkan Double Million.

Dari data yang dirilis Gaon Chart, tertulis bahwa sertifikasi Double Million diberikan kepada BTS untuk album terbaru mereka, Love Yourself: Answer, yang dirilis pada 24 Agustus lalu.

(Baca Juga: Dikritik Lewat Ayat Al-Kitab, Ini Kata Calon Istri Denny Sumargo)

(Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Richard Kyle pada Jessica Iskandar setelah 5 Bulan Pacaran)

Sertifikasi Million dapat diraih bila penyanyi berhasil menjual sebanyak 1 juta kopi album. Double Million diberikan kepada BTS karena mereka berhasil menjual sebanyak lebih dari 2 juta kopi album Love Yourself: Answer.

Di tahun 2018 ini, BTS sebelumnya sudah lebih dulu mendapatkan sertifikasi Million, pada bulan Juli lalu. Sertifikasi tersebut diraih Jimin cs untuk penjualan album Love Yourself: Tear mereka. Dari 6 nama grup besar di kategori penjualan album, seperti EXO-CBX, TWICE, Wanna One, Seventeen, Got7 dan NCT, sejauh ini baru BTS yang berhasil mendapatkan sertifikasi Million dari Gaon Chart.

 WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Sementara itu, dari data yang dirilis, masih belum ada perubahan di kategori Unduhan dan Streaming. Dalam kategori Unduhan, masih belum ada penyanyi yang meraih sertifikasi dari Gaon Chart. Sementara, di kategori Streaming, masih diisi oleh iKON dan MOMOLAND.

iKON bersama lagu Love Scenario berhasil mendapat sertifikasi Platinum pada 8 Juni lalu. MOMOLAND juga berhasil mendapat sertifikasi Platinum pada 9 Agustus lalu dengan lagu hits mereka, Bboom Bboom.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2018 Asosiasi Industri Konten Musik Korea (KMCIA) menerapkan sistem baru untuk penjualan album fisik dan digital. Sertifikasi yag diberikan Gaon Chart terbagi atas tiga kategori: Album, Unduhan, dan Streaming.

Sertifikat Platinum diberikan apabila penjualan album fisik seorang musisi meraih 250.000 kopi. Sementara sertifikat Million untuk penjualan 1 juta kopi album fisik. Untuk kategori Unduhan, sertifikat Platinum akan diberikan apabila lagu diunduh sebanyak 2,5 juta kali.

Sementara sertifikat Million mencapai 10 juta unduhan. Sedangkan kategori streaming mencakup 100 juta untuk Platinum dan 1 miliar untuk Million.

(aln)

BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini