nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinilai Rasis, Sitkom Baru YG Entertainment Tuai Amarah Fans China

Sasya Semitari P, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 13:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 598 1963069 dinilai-rasis-sitkom-baru-yg-entertainment-tuai-amarah-fans-china-ggrrT0GU7u.jpg Poster YG Future Strategy Officer. (Foto: Netflix)

SEOUL – Debut pada 5 Oktober 2018, sitkom terbaru YG Entertainment dan Netflix sudah terlibat banyak masalah. Sejak penayangannya, sitkom yang diketuai oleh Seungri ‘BIGBANG’ itu menuai kritik publik karena terlihat menunjukkan adegan bersifat rasis dan penggambaran pelecehan seksual dalam humor yang disajikannya.

Sitkom YG Future Strategy Office disutradarai oleh Park Joon Soo, sosok di balik serial The God of Music. Sitkom tersebut berkonsep mockumentary, yakni serial dokumenter dengan unsur olokan di dalamnya. Dalam program tersebut diceritakan Seungri berusaha memperbaiki hubungannya dengan Yang Hyun Suk, pendiri YG Entertainment, dengan bekerja di Future Strategy Office.

Baca juga: Kontrak Berakhir, Epik High Tinggalkan YG Entertainment

Namun permasalahan mulai muncul, ketika pada 11 Oktober 2018, Sina melaporkan bahwa sitkom tersebut menggunakan peta China dengan tidak benar. Pasalnya, area Pantai Tenggara China terhapus dari peta tersebut. Sementara pada adegan lain, seorang petugas keamanan asal Korea tampak menggenakan pakaian tradisional Dinasti Qing dan berteriak “Saya b*bi” dalam bahasa China setelah ditangkap.

Hal ini tentu membuat fans K-Pop dari China geram dan menyuarakan opini dan menumpahkan kekesalan mereka di akun Instagram milik Yang Hyun Suk. Tak hanya itu, kekesalan pun diungkapkan fans China lewat Weibo (situs media sosial China). Mereka mengkritisi YG Entertainment dan YG Future Strategy Office, serta menuntut permintaan maaf dari Yang Hyun Suk.

Mengetahui permasalahan itu, Yang Hyun Suk akhirnya meminta maaf kepada fans China melalui akun Instagram pribadinya. Ia menuliskan, “Kami benar-benar meminta maaf kepada fans China. Kami sudah meminta tim produksi untuk mengoreksi dan menghapus adegan-adegan yang terkait permasalahan tersebut. Kami akan lebih berhati-hati di masa depan.”

Permasalahan bukan datang dari adegan berunsur rasisme saja. Tapi, YG Future Strategy Office. Banyak penonton yang mengungkapkan bahwa adegan-adegan dalam sitkom tersebut sudah terlalu berlebihan, terutama dengan mengolok-olok selebriti lain dan adanya tendensi pelecehan seksual.

Baca juga: Nam Tae Hyun Eks WINNER Akui Tak Bahagia Saat di YG Entertainment

Salah satu adegan yang dirasa bermasalah ialah ketika sitkom tersebut mengunjungi dorm iKON. Saat itu, seorang karyawan perempuan mengira bahwa laki-laki yang sedang tidur di sofa adalah member iKON. Perempuan tersebut kemudian mengambil foto selangkangan laki-laki tersebut.

Ketika Seungri menanyakan apa yang ia lakukan, perempuan itu menjawab, “Aku mengambil gambar ini karena ini terlihat sehat. Bukankah masa depan YG sangatlah sehat?” YG Future Strategy Office terus menerus membuat banyak “self-disses” dan memunculkan banyak kontroversi seputar artisnya. Hal itu justru menambah daftar kontroversi dalam sitkom tersebut.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini