nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Anji Ubah Kata 'Jangan' kepada Anak-Anak

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 22 September 2018 20:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 22 33 1954113 cara-anji-ubah-kata-jangan-kepada-anak-anak-U7a1JweKSk.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Sebagai orang tua, musisi Anji dan sang istri Wina Natalia mempunyai cara tersendiri untuk mendidik empat anak lelaki mereka. Khususnya dua putra Anji yang masih kecil, Saga Omar Nagata dan Sigra Umar Narada.

Sebut saja salah satu pola asuh yang diterapkan oleh Anji dengan mengganti kata jangan disetiap larangannya kepada dua anaknya.

Anji mengatakan jika apa yang dia lakukan semata untuk mengajarkan hal positif, dimulai dari perkataan yang dibuat sehalus mungkin.

(Baca juga: Anji Komentari Orangtua yang Bangga Lihat Anaknya Nyanyi Lagu Dewasa)

Anji

"Itu salah satu metode yang saya gunakan dengan tidak menggunakan kata negatif tapi kata positif dan mengganti dengan kata lain," ungkap Anji di kawasan Sudirman, baru-baru ini.

"Misalnya kalau dia mau berlari, bukan jangan lari nak. Tapi diganti lebih baik kamu berjalan," sambungnya.

(Baca juga: Usai Jalani Operasi Telinga, Begini Kondisi Putra Anji)

Pola didik seperti itu memang terasa manfaatnya bagi Anji dimana anak-anak yang pada dasarnya adalah seorang peniru, akan pula meniru hal-hal baik yang dicontohkan.

"Banyak yang bilang anak itu kan cerminan orang tua. Kalau dari sekarang sudah dididik hal positif ya mudah-mudahan saat dewasa nanti juga akan selau termotivasi untuk melakukan hal baik lainnya," terang Anji.

Anji

Sebelumnya kepada Okezone, Anji juga pernah mengatakan jika dirinya bersama sang istri juga menerapkan reward dan punishment kepada anak-anak mereka.

"Pemberian hadiah dan hukuman kan untuk mengajarkan mereka sportivitas," kata Anji.

"Tapi hadiahnya juga bukan yang mahal. Misalnya Saga kalau bantuin Mindanya kita beliin ikan. Terus kalau dia sengaja melakukan kesalahannya kita suruh introspeksi diri," pungkasnya. (Sus)

(aln)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini