nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Artis Ini Pernah Berurusan dengan KPK

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 12:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 05 33 1946287 deretan-artis-ini-pernah-berurusan-dengan-kpk-DdX3PPmo97.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA – Korupsi memang selalu menjadi musuh utama di negeri ini. Tak heran jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bekerja keras membongkar kasus-kasus korupsi yang ada di Indonesia.

Hasilnya pun cukup menjanjikan. Tak hanya politisi dan pejabat-pejabat negeri, KPK juga terkadang mengamankan para selebriti dari hasil penyidikannya.

Okezone telah merangkum sejumlah kasus korupsi yang melibatkan selebriti Tanah Air. Beberapa di antaranya memang hanya dimintai keterangan sebagai saksi saja.Yuk simak ulasanya.

1. Zumi Zola


Nama artis yang masih hangat dengan kasus korupsi dan KPK adalah Zumi Zola. Gubernur Jambi nonaktif ini merupakan tersangka dari kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Provinsi Jambi.

Zumi Zola bahkan sudah diperiksa langsung oleh KPK beberapa waktu lalu. Mantan pesinetron ini dikabarkan menerima uang gratifikasi sebesar Rp44 miliar dan sebuah mobil Toyota Alphard. Aliran uang panas itu sebagian besar digunakan untuk kepentingan pribadinya, yakni melunasi uang kampanye hingga membeli action figure.

2. Inneke Koesherawati


Inneke Koesherawati juga belum lama ini harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Artis yang namanya melambung di era 90-an ini dipanggil oleh KPK terkait kasus dugaan suap suaminya, Fahmi Darmansyah, kepada Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen.

Seperti diketahui, Fahmi saat ini mendekam sebagai salah satu narapidana di Lapas Sukamiskin akibat kasus korupsi di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Fahmi diduga menyuap Wahid agar mendapatkan fasilitas khusus di selnya.

(Baca juga: Dalami Pembelian Mobil untuk Kalapas, Inneke Koesherawati Kembali Diperiksa KPK)

3. Angelina Sondakh


Angelina Sondakh mengawali kariernya di dunia hiburan lewat ajang Puteri Indonesia 2001. Kontestan asal Sulawesi Utara ini sukses mencuri perhatian berkat parasnya yang cantik.

Setelah malang-melintang di dunia hiburan, Angelina pun mantap untuk menjajal dunia politik. Angelina lalu bergabung dengan Partai Demokrat setelah menikah dengan almarhum Adjie Massaid.

Pada tahun 2013, karier politik Angelina habis setelah terjerat kasus korupsi proyek wisma atlet dan gedung sebaguna di Palembang. Ia pun divonis hukuman penjara selama 12 tahun akibat dari kasus tersebut.

Pada tahun 2015, Angelina mendapatkan keringanan hukuman penjara menjadi 10 tahun setelah mengajukan Peninjauan Kembali atau PK.

4. Jennifer Dunn

Nama Jennifer Dunn tak pernah lepas dari urusan dengan pihak berwajib. Selain kini meringkuk sebagai tahanan karena kasus narkoba, artis cantik ini juga pernah berurusan dengan KPK saat dimintai keterangan tentang pemberian mobil mewah dari Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan pada tahun 2014 silam.

(Baca juga: Jennifer Dunn Dikabarkan Bebas Hari Ini, Begini Kata Petugas Rutan)

Wawan sendiri adalah sosok yang terjaring kasus korupsi alat kesehatan di Provinsi Banten. Jedun, sapaan akrab Jennifer Dunn, kabarnya menjadi salah satu orang yang menerima uang hasil korupsi itu.

Pada saat itu, Jedun mengaku tidak tahu bahwa uang yang ia terima adalah uang hasil korupsi. Uangnya lalu ia pergunakan untuk membeli mobil Toyota Alphard Vellfire berwarna putih.

5. Angela Lee

Angela Charlie atau lebih dikenal dengan Angela Lee adalah salah satu selebgram yang namanya sempat melambung ke permukaan. Bersama sang suami, David Hardian, Angela melakukan tindak pidana pencucian uang dengan modus investasi. Jumlah uang yang mereka kumpulkan dari aksi ini bahkan mencapai total Rp12 miliar.

Keduanya kini mendekam di LP Wirogunan, Yogyakarta. Penahanan dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Sleman setelah menerima pelimpahan berkas penyidik Polres Sleman dalam perkara penipuan, penggelapan, dan pencucian uang.

Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa satu mobil Jeep Wrangler Rubicon, sejumlah tas bermerk, serta dokumen lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini