nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Co-creator Ghost Rider, Gary Friedrich Tutup Usia karena Parkinson

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Sabtu 01 September 2018 20:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 01 33 1944586 co-creator-ghost-rider-gary-friedrich-tutup-usia-karena-parkinson-6AWBZt1jnl.jpg Gary Friedrich (Foto: Movieweb)

LOS ANGELES - Berita duka cita kembali menyelubungi para penggemar Marvel. Setelah ditinggal co-creator Spider-Man dan Doctor Strange, Steve Ditko, satu anggota keluarga lain juga meninggalkan mereka.

Kali ini, Gary Friedrich menutup usianya di umur ke-75. Dia merupakan salah satu pembuat komik Ghost Rider dan Son of Satan. Meski bukan merupakan karakter paling populer, namun penggemar dari dua karakter itu cukup besar.

Adalah penulis, editor Marvel, serta teman masa kecil Gary, Roy Thomas, yang mengumumkan kematiannya. Dia menyebut jika sang sahabat Menurut Thomas, sang sahabat meninggal akibat penyakit lama yang dia derita selama beberapa tahun ini.

(Baca Juga: Hodgepodge Superfest 2018 Hari Pertama Digelar, Ada Nama The Libertines)

(Baca Juga: Bikin Baper, Al Ghazali Kembali Satukan Maia dan Ahmad Dhani)

Ghost Rider, Foto: Marvel

“Teman tertua dan terkasih saya, Gary Friedrich, meninggal semalam akibat efek Parkinson yang telah ia alami selama beberapa tahun. Dia hampir kehilangan pendengarannya secara total, yang kemudian membuatnya merasa terisolasi dalam beberapa tahun terakhir, dan istrinya Jean tampaknya bahagia melihat dia akhirnya damai,” kata Thomas, seperti dikutip dari laman Hollywood Reporter, Sabtu (1/9/2018).

Thomas merekomendasikan Gary sebagai pekerja lepas ke editor Charlton Comics, Dick Giordano pada awal 1960-an. Setelah bercerita tentang komik roman penerbit independen, ia mulai bekerja dengan Sam Grainger dan Steve Ditko untuk komik pahlawan super Charlton, termasuk dialog penampilan pertama Blue Beetle.

Pada saat yang sama, Friedrich mulai menulis untuk Marvel, yang pada mulanya menyediakan cerita untuk lini baratnya, termasuk Rawhide Kid dan inkarnasi Ghost Rider di dunia barat. Dari sana, ia bercabang ke komik perang, termasuk komik Sgt. Fury and his Howling Commandos dan Combat Kelly and the Deadly Dozen, serta kontribusi sesekali pada garis superhero sepanjang akhir 1960-an.

Sejauh ini, kontribusinya yang paling terkenal untuk Marvel datang dalam garis horor yang baru lahir di awal 1970-an. Selain karyanya yang mengadaptasi novel Mary Shelley ke dalam komik, keduanya berkolaborasi untuk menciptakan karakter Johnny Blaze, iblis pengendara sepeda motor yang dikenal sebagai Ghost Rider kedua pada tahun 1973.

Edisi pertama dari seri Blaze juga memperkenalkan Daimon Hellstrom, yang juga dikenal sebagai Son of Satan, yang akan terus menjadi karakter yang berulang di seluruh Marvel Universe di tahun-tahun berikutnya.

Bagian Friedrich dalam penciptaan Ghost Rider akan menjadi titik konflik antara dirinya dan Marvel di tahun-tahun mendatang, dengan penulis mengajukan gugatan terhadap Marvel, Sony Pictures, Columbia TriStar Motion Pictures, Hasbro dan perusahaan lain pada 2007.

Mereka menyatakan bahwa karakter tersebut telah dieksploitasi tanpa izinnya. Tapi, hak film dan merchandising telah dikembalikan kepadanya pada tahun 2001. Kasus itu diisukan Marvel pada akhir Desember 2011, dan setelah naik banding, kedua belah pihak damai pada tahun 2013.

Di luar karya Marvel-nya pada tahun 1970-an, Friedrich juga menjadi freelance untuk Atlas Comics dan Skywald Publications. Dia meninggalkan komik pada tahun 1978, meskipun ia kembali untuk satu edisi dari Topps Komik berjudul Bombast pada tahun 1993, yang kebetulan direncanakan oleh teman masa kecilnya, Roy Thomas.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini