Diserang Netizen soal Kibarkan Bendera Robek, Ini Respons Anya Geraldine

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 21 Agustus 2018 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 21 33 1939408 diserang-netizen-soal-kibarkan-bendera-robek-ini-respons-anya-geraldine-vihwyxhdFp.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA – Setiap orang dibebaskan untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia dengan segala cara mereka, namun tentunya masih dalam batas kewajaran. Lantas bagaimana dengan yang dilakukan selebgram Anya Geraldine?

Pada sebuah unggahan kekasih Bio One itu, Anya tampak berpose dengan mengenakan dress hitam sambil mengibarkan bendera merah putih. Sayangnya pada bendera tersebut terlihat sudah dalam keadaan robek.

Dalam captionnya, dengan bangga Anya pun menuliskan bahwa makna merdeka bagi dirinya adalah membiarkan komentar miring terhadap dirinya tanpa perlu memperdulikan ocehan mereka.

(Baca juga: Gaya Pacaran Dihujat, Anya Geraldine: Memang Ada Masalah?)

enuff said 🤕✨

Sebuah kiriman dibagikan oleh Angelic Demon (@anyageraldine) pada

“Barang siapa yang merdekanya hobi julid, kita mah yang di julid-in tetap merdeka hidupnya. Alhamdulilah,” ungkapnya.

Tidak lama berselang, unggahan Anya sehari setelah hari kemerdekaan itu banjir kritikan pedas soal bendera robek. Bukan hanya komentar nyinyir, tapi juga untuk memberikan nasihat agar berhati-hati menggunakan atribut negara yang memang sudah tidak layak dipakai.

“Denda 100 juta rupiah menanti anda sayang, karena lambang negara Indonesia tidak boleh di salahgunakan,” kata netizen. Menyambung komentar lainnya ada pula yang berucap “ Ka Anya dulu di sekolah enggak belajar pendidikan kewarganegaraan ya? Pantes sikap nya ke bendera itu NOL.”

(Baca juga: Foto Mesra Anya Geraldine & Bio One Beredar, Okky Raditya Curhat di Insta Stories)

Bicara soal denda sebesar Rp100 juta yang diujarkan oleh netizen, ternyata hal itu bukan isapan jempol semata. Ada undang-undang yang mengatur mengenai ketentuan ukuran bendera, penggunaan, penempatan, hingga aturan pidana terhadap pihak yang menghina Bendera Negara.

Pada UUD tahun 2009 pasal 67 menjelaskan mengenai sanksi terhadap orang-orang yang melakukan tindakan yang menjurus pada penghinaan terhadap bendera merah putih, termasuk diantaranya mengibarkan bendera robek.

Dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah), setiap orang yang: dengan sengaja mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c.

Seolah enggan memberikan jawaban satu persatu mengenai kritik pedas dari netizen. Anya pun mengunggah sebuah foto dirinya dimana pada foto tersebut tertuliskan “When they talk shit about you; Hah, ya? Iya dah, terserah elu, bodo amat. Enough said,” (20/8/2018).

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini