nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disebut Provokator, Ahmad Dhani Pertanyakan Keahlian Saksi

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 17:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 06 33 1932580 disebut-provokator-ahmad-dhani-pertanyakan-keahlian-saksi-MzGdqerQKK.jpg Ahmad Dhani (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Sidang lanjutan kasus ujaran kebencian yang menyeret Ahmad Dhani baru saja digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (6/8/2018). Dua ahli yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umun (JPU), yakni Effendy Saragih dan Saji Purwanto sudah memberikan keterangan di depan Majelis Hakim.

Baca Juga: Lagi Syantik Terjun Bebas di Tangga Lagu Musik Dangdut Pekan Ini

Dalam sidang, salah satu ahli yakni Effendy Saragih, mengategorikan cuitan Ahmad Dhani sebagai tindakan provokasi. Tulisan yang dimaksud adalah saat Dhani menyinggung perkara KH Ma'aruf Amin.

"Itu secara jelas bisa memprovokasi simpatisan dari KH Ma'aruf Amin. Tentu orang-orang (simpatisan) akan bertanya-tanya, ada apa? Itu sifatnya provokasi," ujar Effendy.

Ahmad Dhani

Mendengar pernyataan tersebut, Ahmad Dhani langsung mempertanyakan keahlian Effendy Saragih. Sebab dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Dhani hanya mengakui satu tulisan yang bersumber dari buah pemikirannya.

"Ketika di dalam BAP (Berita Acara Peristiwa), apakah ahli tahu dalam BAP saya, saya hanya mengakui menulis satu tweet dari tiga tweet. Apakah ahli tahu?" kata dia.

Ahmad Dhani

Enggan merespons tanggapan Dhani terlalu dalam, ahli Effendy Siregar hanya mengatakan bahwa dia sekadar mengikuti isi BAP dalam memberikan keterangan.

Diberitakan dari hasil peliputan Okezone sebelumnya, Ahmad Dhani terseret kasus ujaran kebencian usai cuitannya di akun Twitter dipolisikan pada 2017. Kala itu, Dhani dilaporkan Jack Boyd Lapian atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dia dikenakan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) dan ditetapkan sebagai tersangka pada November 2017.

Baca Juga: Ulang Tahun, Syahrini Dapat Hadiah Tas Hermes Gambar Dirinya

"Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya," demikian bunyi tulisan Ahmad Dhani yang membuatnya terseret masalah hukum.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini