nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjuangan Panjang Mytha Lestari Lahirkan Bayi Laki-Laki

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 03:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 05 33 1932134 perjuangan-panjang-mytha-lestari-lahirkan-bayi-laki-laki-LfzqR6ZOvX.jpg Mytha Lestari dan Suami (Foto: Instagram)

JAKARTA - Proses panjang warnai kelahiran putra pertama pasangan Mytha Lestari dan Barry Maheswara, pada Kamis 2 Agustus 2018. Bayi yang diberi nama Mahatma Kala Maheswara tersebut, lahir dengan proses cesar setelah sang bunda berjuang mempercepat kelahiran sembilan hari dari perkiraan, lantaran air ketubannya diketahui sudah mulai pecah.

Sebelumnya, dokter memperkirakan bayi tersebut akan lahir di minggu depan. Namun, setelah melakukan cek USG pada Selasa malam, dokter mengungkap bahwa air ketuban wanita 27 tahun tersebut sudah di bawah rata-rata.

(Baca Juga: Madonna Pastikan Luncurkan Album Rerbarunya Akhir Tahun)

(Baca Juga: Tasya Kamila: Aku Sangat Bersyukur Banget dapat Pasangan Seperti Randi)

"Selasa malam itu USG, 37 minggu dan 6 hari, dan pas di USG harusnya perkiraannya itu lahir 11-17 Agustus, tapi, ketika di USG lagi, di cek air ketubannya, sudah di bawah rata-rata," ungkap Mytha Lestari yang ditemui di Rumah Sakit, Brawijaya, Jakarta Selatan, Minggu 5 Agustus 2018.

Tak sampai disitu, pelantun Cuma Punya Hati ini bahkan sempat melakukan induksi dengan dosis maksimum lantaran sejak Rabu dini hari hingga Kamis, jalan lahir sang anak masih saja belum terbuka. Bahkan dokter sampai melakukan Vaginal Toucher (VT) untuk membuka jalan lahir bagi putranya yang telah ia usahakan untuk lahir secara normal namun terpaksa diurungkan, sebab pembukaan tak kunjung bertambah setelah beberapa jam menunggu.

"Sampai hari selanjutnya enggak ada kenaikan bukaan. Akhirnya aku di induksi dengan dosis maksimum baru ada pembukaan. Itu pun harus dibantu dokter dengan pemeriksaan dalam dan harus dibuka jalan lahirnya. Sakitnya bertubi-tubi banget," paparnya.

"Hasilnya, ternyata bukaan aku juga enggak lanjut dan hanya berhenti di bukaan 5. Itu setengah 8 malam hari Kamis. Padahal ketuban sudah pecah Rabu jam 11 malam. Saya sudah sakit karena induksi tapi sampai jam 5 enggak ada bukaan. Akhirnya harus di cesar," sambungnya.

Setelah menjalani proses lumayan panjang untuk melahirkan anak pertamanya ke dunia, akhirnya si kecil Kala bisa lahir dengan selamat. Bahkan dirinya mengungkapkan ada sedikit luka dijidat putranya lantaran dokter harus menjepit kepala Kala dengan alat untuk membantu mengeluarkan bayi tersebut dari dalam rahim milik Mytha Lestari.

"Alhamdulilah lahirlah Mahatma Kala Maheswara dengan ketuban yang sudah kering pada 2 Agustus jam 20.29 WIB. Panjangnya 45 cm, beratnya 2,9 kg," tuturnya.

"Karena diambil dengan forceps nih ada luka di jidat dia. Waktu itu posisinya dia sudah masuk ke panggul enggak bisa diambil pakai tangan dan harus pakai alat," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini