nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertama Kalinya, Panitia Grammy Umumkan Bakal Tambah 3 Kategori Utama

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 13:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 27 205 1914599 pertama-kalinya-panitia-grammy-umumkan-bakal-tambah-3-kategori-utama-UrXTUosvSk.jpg Grammy Awards (Foto: Ilustrasi)

LOS ANGELES - Pagelaran penghargaan Grammy telah diselenggarakan semenjak 1959. Dan selama penyelenggaraannya yang sudah mencapai 59 tahun tersebut, tidak ada perubahan besar yang terjadi dalam penyelenggaraannya.

Namun belakangan ini, panitia untuk Grammy 2019 mendatang telah sepakat untuk merubah beberapa kategori yang ada dalam penghargaan tersebut. Hal ini terjadi di kategori musik, yang awalnya hanya terdapat lima kategori saja, dan kini menjadi delapan kategori.

"Sepanjang tahun, kami bekerja sama dengan orang-orang musik di semua genre dan disiplin untuk mempertimbangkan revisi dan kemudian membuat amandemen terhadap aturan dan pedoman masuk kami untuk memastikan kami mengikuti industri kami yang selalu berubah dan memenuhi kebutuhan pencipta musik," kata presiden Grammy 2019 Neil Portnow seperti dikutip dari laman Billboard, Rabu (27/6/2018).

 

"Ini menciptakan lebih banyak peluang untuk pengenalan yang lebih luas dalam kategori penting ini dan memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pemilih kami ketika harus membuat keputusan yang sering menantang tentang mewakili keunggulan dan yang terbaik dalam musik untuk tahun ini. Kami berharap dapat merayakan semua nominasi kami ketika mereka diumumkan akhir tahun ini," sambung pria yang juga menjabat sebagai CEO Recording Academy tersebut.

Perubahan ini didorong oleh keputusan Academy of Motion Pictures Arts & Sciences memilih untuk menggandakan jumlah nominasi gambar terbaik dari lima hingga 10 di penghargaan Oscar pada pada 2009.

Pemikiran di balik perubahan itu adalah memungkinkan lebih banyak lagi film laris yang dinominasikan di kategori teratas dan berpotensi memperluas audiensi Oscar. Dan hal ini cukup efektif bagi film kedepannya.

Namun sayangnya hingga saat ini, masih belum diketahui bagaimana keputusan perubahan kategori di Grammy tersebut akan mempengaruhi industri musik kedepannya. Hal ini dikarenakan industri musik akan terus berubah dengan cukup cepat.

Baca Juga: Diisukan Hamil, Ariana Grande Beri Klarifikasi

Sekedar informasi, pihak panitia Grammy pun menyebut jika mereka akan mengembalikan lokasi ke Staples Center di Los Angeles pada tahun 2019. Hal ini dikarenakan pada 2018 kemarin, Grammy dilaksanakan di Madison Square Garden di New York.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini