nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Betawi Asli, Ini Tradisi Elly Sugigi saat Rayakan Lebaran

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 10:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 14 33 1910272 betawi-asli-ini-tradisi-elly-sugigi-saat-rayakan-lebaran-2MkOsLHF6F.jpg Elly Sugigi dan Irfan (Foto: Instagram)

JAKARTA - Elly Sugigi dipastikan merayakan Lebaran di Jakarta bersama keluarga besarnya. Ia tak mudik dan meninggalkan Ibu Kota karena lahir dan besar sebagai orang Betawi asli.

Meskipun begitu, Elly Sugigi terbiasa mengajak anak-anaknya untuk berlibur beberapa hari setelah hari raya tiba. Kawasan Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Bali menjadi destinasi yang kerap dituju oleh pesinetron berusia 46 tahun itu.

"(Lebaran) di Jakarta. Enggak pernah pulang kampung kan orang Betawi asli," katanya kepada Okezone di kawasan Jakarta Timur.

Elly Sugigi

(Baca Juga: Kanye West Ingin Mengisi Soundtrack Film Deadpool)

(Baca Juga: Tergiur Bayaran Tinggi, Jenita Janet Kerja di Hari Lebaran)

"Kalau Lebaran kita di Jakarta tapi setelah selesai Lebaran hari berikutnya kita baru keluar kota. Misalnya ke Surabaya, Yogyakarta, Bali juga sama anak anak," tambah Elly Sugigi.

Sebagai orang Betawi, Elly Sugigi juga memiliki tradisi khusus untuk merayakan hari kemenangan tersebut. Bersama tetangga di sekitar rumahnya, ibu dua orang anak ini selalu menyaksikan marawis dan menyiapkan angpao untuk para pemainnya.

Hal tersebut memang menjadi tradisi yang dijalankannya sejak kecil. Berbagi rejeki juga dianggapnya sebagai bentuk syukur karena bisa merayakan hari raya idul fitri dalam kondisi sehat dan berharap bisa kembali mendapatkan kesempatan tersebut di tahun berikutnya.

"Tradisi Lebaran biasanya ada marawis di masjid, keliling keliling kampung, nyawer-nyawer uang biasanya. Marawis itu anak anak masjid keliling kampung untuk merayakan Lebaran. Kita enggak (kasih snack). Kasih uang saja kita," cerita pemain sinetron Berkah Cinta ini.

"Kita enggak ada target sih. Kita memang selalu bagi-bagi dan saya semampunya saja. Untuk kemenangan kan habis puasa dan berharap bisa ketemu Lebaran lagi. Itu tradisi dari aku kecil. Ada marawis terus ngasih uang," sambungnya.

Selain itu, Elly Sugigi juga menyiapkan beragam makanan untuk menyambut para tamu di rumahnya. Beberapa diantaranya adalah ketupat, rendang, dan kue kering seperti nastar.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini