5 Idol Korea yang Menjadi Penyanyi Solo Setelah Grupnya Bubar

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 13:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 12 33 1909605 5-idol-korea-yang-menjadi-penyanyi-solo-setelah-grupnya-bubar-HFu3206ade.jpg Suzy (Foto: Instagram)

SEOUL – Biasa melalukan kegiatan bersama, beberapa idol Korea Selatan ini harus melakukan promosi hingga tampil di atas panggung seorang diri. Hal ini lantaran, pilihan untuk menjalani karier solo, setelah grup yang membesarkan nama mereka bubar. Fenomena ini menjadi menarik, mengingat mereka harus mampu bertahan tanpa nama grup besar di belakang mereka. Siapa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum oleh Okezone:

1. Hyolyn (SISTAR)

Hyolin mantap bersolo karier usai SISTAR bubar tahun lalu. Terbaru, Hyorin merilis album ‘Set Up Time #2’ pada April 2018. Ia memilih lagu Daily sebagai single utamanya. Menariknya, dalam comeback solonya ini, ia berkolaborasi dengan rapper GRAY.

Seperti kita tahu, Hyolin debut bersama SISTAR pada Juni 2010. Ia bersama tiga anggota SISTAR lainnya menampilkan single debut mereka, Push Push di Music Bank, KBS. Hingga akhirnya grup naungan agensi Starship Entertainment tersebut memilih bubar pada Mei 2017.

Penyanyi kelahiran 11 Desember 1990 tersebut mengatakan jika grupnya memilih bubar lantaran kesepakatan dari seluruh personel SISTAR. Keempat member memiliki pemikiran yang sama untuk mulai bersolo karier. Misalnya saja Soyou, yang kemudian merilis album solo perdananya 'Part.1 RE:BORN', pada 13 Desember 2017.

2. Suzy (miss A)

Bae Suzy mungkin menjadi member miss A yang paling banyak melakukan kegiatan solo di luar grup. Hal ini lantaran dirinya telah lebih dulu mengembangkan kariernya dalam dunia akting.

Seperti yang kita tahu, ia dipilih menjadi pemeran utama dalam drama populer Dream High, pada 2010. Setelah pada 2017 grup miss A memilih bubar, tak membuat karier musik Suzy ikut surut.

Bintang drama tersebut langsung menggarap album bertajuk ‘Faces of Love’ pada Januari 2018. Lagu berjudul I’m In Love With Someone Else menjadi single andalan perempuan 24 tahun tersebut.

3. Yubin (Wonder Girls)

Yubin menjadi salah satu anggota Wonder Girls yang memilih tetap berada di naungan agensi JYP Entertainment. Ia baru saja merilis mini album bertajuk ‘City Woman’ yang dirilis pada 5 Juni 2018.

Wonder Girl secara resmi dibubarkan pada 26 Januari 2017 setelah negosiasi pembaharuan kontrak yang tidak berhasil dengan beberapa anggotanya. Pada 10 Februari 2017, mereka merilis singel terakhir, Draw Me, yang juga menjadi lagu perayaan ulang tahun ke 10 karier mereka.

4. Kim Donghan (JBJ)

Salah satu grup jebolan acara Produce 101 season 2, JBJ resmi bubar pada April 2018. Keenam member kembali ke masing-masing agensinya setelah melakukan kegiatan sebagai anggota JBJ selama 7 bulan. Nah, salah satu personelnya, Kim Dong Han memilih untuk berkarier solo di bawah naungan agensi OUI Entertainment. Kim Dong Han berencana akan merilis album solo pertamanya pada 19 Juni 2018.

5. Kim Chungha (IOI)

Serupa dengan JBJ, grup jebolan acara Produce 101 season 1, IOI bubar setelah melakukan promosi selama satu tahun, pada 2017. Para anggotanya kini telah kembali ke agensinya masing-masing, tak terkecuali Kim Chungha. Ia kini memilih untuk menjadi penyanyi solo. Tepatnya ia debut pada 7 Juni 2017, di bawah naungan MNH Entertainment dengan mini album bertajuk ‘Hands on Me.’ Idol kelahiran 9 Februari 1996 tersebut memilih single unggulan berjudul Why Dont You Know.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini