Perankan Ibu Minke, Ayu Laksmi Tak Baca Novel Bumi Manusia Sampai Habis

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 25 206 1902845 perankan-ibu-minke-ayu-laksmi-tak-baca-novel-bumi-manusia-sampai-habis-MnMbaG9boT.jpg Ayu Laksmi (Foto: Instagram)

SLEMAN - Bisa ikut mengambil bagian dalam film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, tentu menjadi sebuah penghargaan besar bagi setiap pemainnya. Tak terkecuali bagi pemeran ibu dari Minke, yang dimainkan oleh Ayu Laksmi.

Sama halnya seperti beberapa pemain lainnya, aktris sekaligus penyanyi ini mengaku sudah sempat membaca novel karya Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia yang diterbitkan sekitar tahun 1980 silam. Meski begitu, ia mengaku bahwa dirinya tak bisa sampai selesai membaca buku yang telah diterbitkan dalam 33 bahasa tersebut.

(Baca Juga: Memasak, Cara Ngabuburit ala Aura Kasih)

(Baca Juga: Pamela Safitri Ngaku Pernah 'Ditawar' Rp100 Juta oleh Pejabat)

Sudah ke ArtJog ? @artjog.id . . #artjog #yogyakarta

A post shared by Ayu Laksmi (@ayulaksmibali) on

"Dulu pernah (baca novelnya), seperti yang saya katakan, bahwa saya bukan pembaca yang baik, jadi loncat-loncat bacanya. Jadi waktu tahun berapa ya, pernah waktu itu ada seorang sutradara yang memilih saya untuk terlibat dalam proyek ini. Sempat membaca novel tapi itupun loncat," paparnya.

"Kalau berapa kalinya, berkali-kali, tapi saya kalau menghadapi film, saya tidak mau terlalu banyak mengisi diri saya, karena saya tidak tahu apa rencana dari sutradara. Apakah karakter bunda akan sama dengan dalam novel, ataukah berbeda. Jadi belum mau terlalu banyak mengisi, kembali kosong seperti bunda. Tapi garis besar bunda yang bijaksana," tambahnya.

Sebelum mendapatkan tawaran dari pihak Falcon Pictures dan Hanung Bramantyo, Ayu Laksmi mengaku sudah sempat mendapatkan tawaran dari sutradara lain. Sayangnya projek tersebut gagal dan membuat dirinya tidak bisa menjalani peran sebagai Nyai Ontosoroh.

Meski begitu, ia nampaknya tetap berjodoh dengan film yang diadaptasi dari novel karya Pramedya Ananta Toer tersebut. Dan kini, ia diminta untuk berperan sebagai ibunda dari Minke (Iqbaal Ramadhan), sementara peran Nyai Ontosoroh dimainkan oleh Sha Ine Febriyanti.

"Oh saya ditawari sama sutradara sebelumnya sebagai Nyai Ontosoro. Dulu waktu yang pertama. Terus ya saya berusaha untuk mempelajari karakter itu, karakter yang luar biasa. Tapi karena belum berjodoh sama perannya, tapi berjodoh sama filmnya," tuturnya.

"Setelah sekian tahun kembali lagi. Tapi saya percaya, Ine Febriyanti, dia adalah artis yang bagus dan sanggup memerankan perannya sebagai Nyai Ontosoroh," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini