nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garap Bumi Manusia, Mimpi Hanung Bramantyo Miliki Studio Terwujud

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 25 206 1902446 garap-bumi-manusia-mimpi-hanung-bramantyo-miliki-studio-terwujud-pMzl0hfIPP.jpg Hanung Bramantyo (Foto: Vania/Okezone)

SLEMAN - Mimpi sutradara Hanung Bramantyo perlahan mulai terwujud. Setelah bermimpi untuk bisa menyutradarai film Bumi Manusia, perlahan ia juga bisa mewujudkan mimpinya memiliki sebuah studio yang bisa digunakan untuk berbagai macam set film.

Baca Juga: Rogoh Kocek hingga Rp10 Miliar, Rumah Impian Nikita Mirzani Akhirnya Jadi Nyata

Keinginan suami Zaskia Adya Mecca ini untuk memiliki studio multifungsi bermula saat ia melihat sanggar milik gurunya. Dengan dibantu oleh Lurah Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Sleman, Yogyakarta, kini Hanung bisa mewujudkan mimpinya itu.

"Saya dari dulu ketika pertama kali belajar film di sanggarnya Teguh Karya, saya kaget. Bisa di set apapun bisa dibuat di sana. Saya berpikir dari sebuah tempat yang kecil bisa dipakai untuk syuting banyak hal, banyak judul, dari situ saya bermimpi saya bisa memiliki studio," ujar Hanung Bramantyo, yang ditemui di Studio Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018).

Hanung Bramantyo dan tim Bumi Manusia

"Alhamdulillah ini studio, sudah ada, ini studio Gamplong, kerja sama dengan Dusun Gamplong Desa Sumber Rahayu, terus disambut dengan pak Lurah disini," sambungnya.

Dalam proyek kerjasama untuk membangun sebuah studio yang nantinya bisa digunakan beberapa production house untuk membuat film, Hanung diketahui memiliki lahan sebesar 10 hektar. Meski begitu, belum semua lahan di Studio Gamplong ia jadikan set untuk film yang akan ia produksi.

Bahkan khusus untuk film Bumi Manusia yang dijadwalkan akan syuting pada akhir Juli hingga Agustus mendatang, dibuat replika beberapa kota dan juga benteng Batavia di dalam studio tersebut.

Hanung Bramantyo

"Ini kami disediakan tanah (untuk keseluruhan studio) seluas 2,5 hektar. Sebetulnya ada potensi lebih dari itu, ada 10 hektar, tapi yang baru kita pakai sekitar 2,5. Dan ini murni kerja sama," tuturnya.

"Dan di sini juga ada replika kota Kranggan dan Surabaya. Rumah Annelis dari novel Bumi Manusia. Beliau juga enggak menyangka kalau akan tiba-tiba ada benteng Batavia di sini," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Bumi Manusia merupakan sebuah novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer yang diterbitkan pada 1980 lalu. Sempat bertahun-tahun dijanjikan akan dibuat, film ini akhirnya resmi menunjuk sutradara dan rumah produksi yang menaunginya.

Baca Juga: Cerita Iqbaal Ramadhan Terima Tawaran Main di Bumi Manusia

Sejumlah aktris papan atas diketahui akan ikut serta memerankan tokoh dalam film tersebut. Sebut saja Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (Minke), Mawar De Jongh (Annelies), Ine Febriana (Nyai Ontosoroh), Donny Damara (ayah Minke), dan Ayu Laksmi (ibu Minke).

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini