nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Mampu Melihat, Choirul Umam Tetap Semangat Ikuti Audisi KDI 2018

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 20:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 13 598 1897778 tak-mampu-melihat-choirul-umam-tetap-semangat-ikuti-audisi-kdi-2018-E5SV5A6ATV.jpg Poster KDI (Foto: MNCTV)

SEMARANG - Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 menjadi pilihan warga untuk mewujudkan cita-cita menjadi bintang dangdut masa depan. Tak terkecuali penyandang disabilitas Choirul Umam (21) warga Demak Jawa Tengah.

Baca Juga: KDI Kembali Buka Peluang untuk Penyanyi Dangdut Muda

Dia menjadi salah satu di antara ribuan peserta yang berdatangan dari berbagai daerah. Dua hari ini, peserta audisi memadati kawasan Kampung Budaya Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sekaran, Gunungpati, Semarang.

Choirul Umam menyampaikan, menjadi tunanetra tak menyurutkan keinginannya menjadi penyanyi dangdut. Untuk itu, ketika mendengar informasi audisi KDI 2018, dia lantas datang ke lokasi meski harus menempuh perjalanan jauh dengan moda transportasi bus umum.

"Meski saya punya keterbatasan penglihatan namun itu bukan jadi alasan untuk tidak bersemangat," kata Choirul, Minggu (13/5/2018).

Choirul Umam

Keikutsertaan Choirul di audisi KDI 2018 ini bukan hanya sekadar untuk mewujudkan mimpinya sebagai bintang dangdut. Tapi, Choirul juga ingin jejaknya ini menjadi inspirasi teman-teman penyandang disabilitas lainnya untuk tidak putus asa.

"Tujuan saya mengikuti audisi ini ingin membuktikan kepada teman-teman penyandang disabilitas untuk jangan mudah menyerah dan terus berusaha, bersemangat, karena tanpa ada usaha kita tidak bisa menjadi apa yang diinginkan diri kita sendiri atau orang lain," terang Choirul.

Dia juga mengungkapkan, meski memiliki keterbatasan fisik namun setiap orang juga mempunyai bakat terpendam. Oleh karenanya, penyandang disabilitas mesti menggali potensi diri dan mengembangkan sesuai bakat masing-masing.

"Buat temen-temen terutama penyandang disabilitas jangan pernah menyerah dan selalu hadapi hidup ini, tantangan ini, karena meski kita memiliki keterbatasan fisik tapi kita masih mempunyai kelebihan. Dari kekurangan-kekurangan itu bahkan bisa kita jadikan kelebihan," tukasnya.

Keramaian audisi saat di Medan

Namun, keinginan Choirul menjadi bintang KDI 2018 saat ini terpaksa pupus, karena belum lolos penjurian. Meski demikian, dia memiliki tekad baja untuk kembali mengikuti seleksi jika audisi KDI kembali hadir tahun depan.

Sebagai informasi, audisi KDI sebelumnya sudah diadakan di Medan. Setelah ini, ajang pencarian dangdut MNCTV itu akan mengadakan audisi di Surabaya dan Palembang (30 Juni – 1 Juli 2018), Banjarmasin dan Bandung (7-8 Juli 2018), dan Jakarta (14-15 Juli 2018).

Setelah proses audisi dari delapan kota besar, 45 kontestan kembali disaring dan bertemu di Jakarta dalam Gerbang KDI. Selanjutnya, tersaring 20 peserta terbaik menuju Kontes KDI yang akan diseleksi dan di karantina serta diberikan pelatihan-pelatihan berupa teknik olah vokal, koreografi, personalitas, dan tata busana.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Audisi KDI 2018 di Delapan Kota

Seluruh kontestan KDI yang telah terseleksi setiap minggunya akan bersaing untuk tampil di hadapan dan dinilai oleh para juri dan mendapatkan sms terbanyak dari masyarakat Indonesia untuk menjadi juara KDI 2018.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini