nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Film Berebut Best Movie MTV Movie & TV Award 2018, Termasuk Para Superhero

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 20:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 07 206 1895558 5-film-berebut-best-movie-mtv-movie-tv-award-2018-termasuk-para-superhero-fCyYFnqoa5.jpg MTV Movie and TV Award 2018. (Foto: Ist)

JAKARTA – Awal bulan lalu MTV baru saja mengumumkan para nomine dari MTV Movie dan TV Awards 2018. Setidaknya puluhan judul film dan acara televisi akan memperebutkan 14 piala dari 14 kategori berbeda.

Pada tahun ini yang paling menarik adalah kategori best movie. Hal itu dikarenakan dari lima nomine yang diajukan, tiga di antaranya adalah film yang berisi superhero. Ini berarti kategori tersebut seolah merupakan "perang" bagi para pahlawan super.

Di dalam nominasi terdapat beberapa film superhero populer, seperti Avengers: Infinity War, Black Panther, dan Wonder Woman. Ketiganya merupakan film yang cukup populer di kalangan masyarakat dunia.

Baca juga: Setelah Avengers: Infinity War, Film Thor Seharusnya Lebih Banyak Hadir

Avengers: Infinity War.

Kemudian ada dua film dalam nominasi lain, yakni Girls Trip dan IT, yang juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Keduanya berhasil mendapatkan kepopuleran yang cukup tinggi di mata pencinta film dunia.

Lantas, siapa yang akan berpotensi memenangkan penghargaan tersebut? Untuk mengetahuinya, Okezone akan memberikan fakta-fakta terkait kelima nominasi tersebut. Setelah itu, dipilih dua film yang dinilai akan memenangkan penghargaan tersebut.

Tanpa berlama lagi, inilah fakta-fakta di balik film nominasi MTV Movie and TV Awards 2018 kategori best movie, Senin (7/5/2018):

1. Avengers: Infinity War (Walt Disney Studios Motion Pictures)

Meski baru saja diluncurkan 11 hari lalu, MTV memilih memasukkan Avengers: Infinity War ke daftar nominasi best movie. Hal ini wajar, mengingat para sineas sangat antusias menyaksikan film tersebut.

Benar saja, di minggu pertama film ini diluncurkan, Marvel dan Disney berhasil meraup keuntungan hingga USD338,8 juta atau sekira Rp4,7 triliun. Selain itu, Avengers: Infinity War juga berhasil mendapatkan gelar film yang menyentuh USD400 juta atau sekira Rp5,6 triliun dalam waktu sembilan hari saja.

Tak ketinggalan, film terbaru Avengers ini juga telah masuk klub film dengan pendapatan mencapai USD1 miliar (sekira Rp14,03 triliun) di urutan ke-34. Pencapaian itu berhasil diraih mereka pada hari ke-11 atau terpaut satu hari lebih cepat jika dibandingkan dengan Star Wars: The Force Awakens.

Baca juga: 3 Film Avengers Selalu Cetak Rekor Box Office, Infinity War Diprediksi Lampaui The Avengers

Tentu saja, pendapatan ini sangat besar jika dibandingkan biaya produksinya. Kabarnya, Avengers: Infinity Wars memakan dana produksi hingga USD400 juta atau sekira Rp5,6 triliun.

Jika mengenai peringat, di Rotten Tomatoes, film ini mendapat nilai 84 persen untuk Tomatometer dan 92 persen untuk Audience Score. Sedangkan di situs IMDb, Avengers berhasil meraih rating sebesar 8,9 dari 10 bintang. Film ini sendiri ditayangkan di 4.474 bioskop di seluruh Amerika Serikat.

Avengers: Infinity War.

2. Black Panther (Walt Disney Studios Motion Pictures)

Black Panther merupakan film superhero kedua yang ada di daftar nominasi Best Movie MTV Movie and TV Award 2018. Film besutan Disney dan Marvel tersebut pertama kali tayang pada 16 Februari 2018 di bioskop di Amerika Serikat.

Di minggu pembukaan film tersebut, Black Panther berhasil mengukuhkan pendapatan hingga USD693 juta atau sekira Rp9,7 triliun di Amerika dan Kanada. Pada minggu keduanya, pendapatan dari film ini mulai "loyo". Mereka hanya meraih keuntungan di kisaran USD54,6 juta atau sekira Rp765 miliar di Amerika Serikat saja.

Baca juga: Bioskop Pertama di Arab Saudi Dibuka, Black Panther Jadi Film Perdana yang Tayang

Untungnya, film yang dibintangi Chadwick Boseman tersebut berhasil meningkatkan penjualan tiket pada minggu ketiga dan keempat dengan diputar lebih dari 4.020 bioskop di Amerika. Pencapaian membuat film tersebut masuk ke klub film dengan pendapatan USD1 miliar. Hal ini menjadikan Black Panther film ke-33 yang berhasil masuk daftar tersebut.

Raihan tersebut tentunya menutupi biaya produksi yang dikeluarkan oleh Marvel dan Disney, sekira USD210 juta atau sekira Rp2,99 triliun.

Jika mengenai peringkat, di Rotten Tomatoes, Black Panther mendapat nilai 96 persen untuk Tomatometer dan 72 persen untuk Audience Score. Sedangkan di situs IMDb, Avenger berhasil mendapatkan rating sebesar 7,6 dari 10 bintang.

Baca juga: Black Panther Jadi Film Superhero Terlaris di Amerika Serikat

https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 05 206 1882726 bioskop-pertama-di-arab-saudi-dibuka-black-panther-jadi-film-perdana-yang-tayang-xpSAIoExn8.JPG

3. Girls Trip (Universal Pictures)

Film ketiga yang masuk nominasi ini adalah Girls Trip. Film besutan Universal Pictures tersebut diluncurkan pada 21 Juli 2017 di Amerika Serikat. Film ini menghabiskan dana USD19 juta atau sekira Rp266 miliar untuk produksinya.

Girls Trip mendapat peringkat dari Rotten Tomatoes sebesar 90 persen untuk Tomatometer dan 79 persen untuk Audiece Score. Sedangkan di situs IMDb, film tersebut berhasil mendapatkan rating sebesar 6,3 dari 10 bintang.

Di minggu pertamanya, film yang dibintangi Queen Latifah ini meraup USD31,2 juta atau sekira Rp437 miliar. Sedangkan total pendapatan yang berhasil diraih mencapai USD140,1 juta atau sekira Rp1,9 triliun dari lebih dari 2.500 teater.

Dengan pendapatan ini, Girls Trip memang melebihi ekspektasi yang diberikan oleh beberapa pihak. Sayang, Girls Trip juga menjadi film dengan pendapatan paling rendah jika dibandingkan empat film lainnya.

4. IT (New Line Cinema)

Menjadi satu-satunya film horror thriller yang tampil di dalam daftar ini, harus diakui bahwa IT bisa saja memiliki kesempatan bersaing dengan empat film lain. Sayangnya, peringkat yang didapat di Rotten Tomatoes tidak terlalu baik, yakni 85 persen untuk Tomatometer dan 84 persen untuk Audience Score.

Begitu juga dengan rating yang diberikan oleh IMDb yang ada di 7,5 dari 10 bintang. Bisa dikatakan, IT merupakan film horror thriller yang cukup sukses di bioskop dunia.

Baca juga: Cerita Bill Skarsgard Masih Sering Mimpi Buruk tentang Pennywise 'IT'

Berbicara mengenai biaya produksi, film yang pertama kali tayang di bioskop Amerika Serikat pada 8 September 2017 ini bisa dibilang cukup besar. New Line Cinema menggelontorkan dana hingga USD35 juta atau sekira Rp490 miliar untuk film tersebut.

Untungnya, IT berhasil meraih keuntungan hingga USD700,4 juta atau sekira Rp9,8 triliun di seluruh dunia. Hal ini berhasil diraih meski dalam minggu peluncuran pertama film tersebut di Amerika hanya mencapai USD60 juta atau sekira Rp641 miliar.

Bisa dibilang, IT merupakan film horror thriller tersukses sepanjang masa dengan total penayangan 4,103 bioskop di Amerika. Namun sayang, tidak diketahui berapa jumlah bioskop yang menayangkan film ini di seluruh dunia.

https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 206 1842951 cerita-bill-skarsgard-masih-sering-mimpi-buruk-tentang-pennywise-it-7UrIszHbrD.jpg

5. Wonder Woman (Warner Bros Pictures)

Dibintangi oleh Gal Gadot, film Wonder Woman berhasil meraup keuntungan hingga USD821,9 atau sekira Rp11,5 triliun di seluruh dunia. Hal tersebut diawali dengan didapatkannya keuntungan minggu pertama yang mencapai USD103,3 miliar atau sekira Rp1,4 triliun dari 4,165 bioskop di Amerika.

Pendapatan ini menutupi ongkos pembuatan yang dikeluarkan Warner Bros Picture yang mencapai USD149 juta atau sekira Rp2,08 triliun. Tentu saja, ada jarak keuntungan yang besar di antara kedua angka tersebut.

Baca juga: Gal Gadot Bahagia Sambut Kristen Wiig sebagai Cheetah di Wonder Woman 2

Di sisi rating, film yang diluncurkan pada 2 Juni 2016 di Amerika Serikat itu memang bisa dibilang cukup tinggi. Di Rotten Tomatoes contohnya, Wonder Woman berhasil mendapatkan rating sebesar 92 persen dari Tomatometer dan 88 persen dari Audience Score.

Sayangnya, di IMDb, skor yang diraih hanya 7,5 dari 10 bintang. Tentu saja ini bukanlah sebuah kabar gembira bagi pihak DC Comics sebagai rumah dari wanita jagoan tersebut. Tapi tetap saja, film ini patut diperhitungkan untuk bersaing dalam mendapatkan piala tersebut.

https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 01 206 1866563 setelah-emma-stone-giliran-kristen-wiig-dikaitkan-dengan-peran-cheetah-di-wonder-woman-2-hb7k8t1TeK.jpg

Kesimpulan

Dari berbagai data yang telah dikumpulkan, dua kandidat yang berpotensi memenangkan penghargaan kali ini adalah Avengers: Infinity War dan juga Black Phanter. Alasannya, baik dari segi pendapatan maupun peringkat, keduanya memiliki nilai yang cukup tinggi.

Diketahui pada minggu pertamanya, Avengers berhasil meraup keuntungan mencapai USD338,8 juta atau sekira Rp4,7 triliun. Sedangkan Black Phanter sekira USD693,1 juta atau sekira Rp9,7 triliun di Amerika Serikat dan Kanada.

Baca juga: Pekan Kedua, Avengers: Infinity War Raup Rp16 Triliun Lebih

Sedangkan untuk rating, Avengers: Infinity War mendapat skor 84 persen di Tomatometer dan 92 persen di Audience Score. Sedangkan Black Panther menerima 96 persen di Tomatometer dan 72 persen di Audience Score.

Di sisi lain, Avenger berhasil mendapatkan rating 8,9 dari 10 bintang dari IMDb. Sedangkan Black Panther berhasil meraih skor 7,6 dari 10 bintang dari situs yang sama.

Tak luput juga, keduanya berhasil masuk ke klub film USD1 Miliar dengan Avengers berhasil meraih titel ini di hari ke-11. Sedangkan Black Panther mendapatkan gelar tersebut setelah berjuang selama empat minggu penuh.

Lalu untuk melihat film mana yang akan menjadi juara? Kita harus menunggu hingga MTV mengumumkan pemenangnya pada 18 Juni 2018.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini