nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamish Daud Ungkap Masalah Terbesar di Laut Indonesia Adalah Sampah

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 03 33 1894147 hamish-daud-ungkap-masalah-tersebar-di-laut-indonesia-adalah-sampah-FIan3QDDex.jpg Hamish Daud (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Salah satu pemain film The Nekad Traveler, Hamish Daud mengungkapkan tentang masalah terbesar yang dihadapi di laut Indonesia. Masalah yang ada di laut Indonesia itu, menurut Suami dari Raisa ini, adalah sampah.

"Sampah dan illegal fishing, masalah tersebar pada laut kita saat ini," kata Hamish saat ditemui di pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Barat, Kamis (3/5/2018).

Karena itu, Hamish dengan beberapa instansi terkait seperti kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), akan membuat gerakan baru yaitu gerakan menjaga lautan Indonesia.

"Saya tertarik ikut gerakan tersebut, karena Indonesia mempunyai lautan yang sangat luar biasa," tuturnya.

Ilustrasi (foto: Antara)

Ia menjelaskan, semua yang dimiliki harus dijaga. Sama seperti pada laut Indonesia, setiap warga negara harus menjaganya bersama-sama. Namun, saat ini banyak orang yang tidak mengetahui hal itu.

"Jadi kita harus jaga lautan Indonesia. Apabila kita tahu kita akan bangga, kalau kita bangga kita akan sayang, kalau kita sayang pasti akan kita jaga," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, sampah yang ada di laut mayoritas berasal dari darat. Sehingga perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan bisa membahayakan lingkungan terutama laut.

"Tadi itu dibahas tentang pengelolaan sampah di Bali. Dari Pemerintah daerah menjelaskan situasi lapangannya, banyaklah masalahnya. Tapi secara umum di Indonesia memang sampah yang ada di laut itu 80% dari darat," ungkap Siti beberapa waktu lalu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini