nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Karier Cemerlang, 12 Idol Korea Ini Memilih Tinggalkan SM Entertainment

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 21:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 01 205 1893354 demi-karier-cemerlang-12-idol-korea-ini-memilih-tinggalkan-sm-entertainment-iWDCuJjU11.jpg Sooyoung, Tiffany, Seohyun (Foto: Allkpop)

JAKARTA – Beberapa hari lalu publik Korea dikejutkan dengan kabar Henry (Super Junior M) yang memilih mendirikan label sendiri dan memutuskan kontraknya dengan SM Entertainment. Diketahui sebelum Henry, beberapa artis juga telah memilih meninggalkan agensi yang menaungi beberapa grup ternama seperti Super Junior, EXO, SNSD, dan Red Velvet tersebut.

Siapa saja mereka? Melansir dari Koreaboo berikut daftar nama-nama artis yang memilih meninggalkan SM dan apa yang mereka lakukan sekarang, berikut daftarnya:

1. Kris (Mantan anggota EXO)

Kris eks EXO

Kris meninggalkan SM Entertainment pada tahun 2014, hal ini memicu kontroversi besar akibat gugatannya terhadap perusahaan, Ia mengakhiri kontrak karena alasan kesehatan dan keuangan.

Setelah mundur dari SM, dia kembali ke negara asalnya di Cina dan kembali ke dunia hiburan sebagai penyanyi, model, dan aktor. Hingga saat ini dia telah mencapai kesuksesan besar. Perannya dalam Mr Six dan Journey to the West: The Demons Strike Back mampu melambungkan nama Kris walaupun tidak dalam naungan SM. Filmnya juga termasuk film China terlaris sepanjang masa.

Menariknya lagi, dia juga aktif di AS dan Kanada, setelah membuat debutnya di Hollywood lewat film xXx: Return of Xander Cage pada 2017. Untuk informasi, pada 2017 dia mengungkapkan tentang keputusannya untuk meninggalkan SM Entertainment. Dia mengatakan hal itu lantaran kurangnya kebebasan untuk menciptakan musiknya sendiri dan merasa stres karena jauh dari keluarganya selama tujuh tahun.

2. Hangeng (Mantan anggota Super Junior)

Hangeng Eks Suju

Hangeng merupakan mantan anggota Super Junior dan pemimpin Super Junior-M, dia memutuskan meninggalkan kedua grup tersebut ketika dia menggugat SM Entertainment pada tahun 2009. Dia mengungkapkan, melakukan hal ini karena ingin mengejar akting, namun SM Entertainment tidak memberikan kesempatan itu kepadanya.

Sejak saat itu, dia kembali ke China dan menjadi penyanyi serta aktor. Di China ia mendapatkan keseuksesan lewat album dan film, menariknya lagi pada 2014 ia sempat memainkan peran sebagai cameo di film Transformers: Age of Extinction. Saat ini juga ia aktif dalam acara variety show Chinese Street Dance of China.

3. Jaejoong, Yoochun, dan Xia (Mantan anggota TVXQ)

Tiga dari lima anggota TVXQ, Jaejoong, Yoochun, dan Xia menggugat SM Entertainment karena kontrak yang tidak adil pada 2009. Kemudian mereka pindah dibawah naungan agensi C-JeS Entertainment dan debut menjadi sebuar boy grup JYJ.

Dua album JYJ yang dirilis pada tahun 2010 dan 2013 mencapai nomor satu di tangga lagu. Selain itu Jaejoong, Yoochun, dan Xia (Kim Junsu) juga telah sukses berakting dalam sebuh drama ataupun teater musical. Seperti Yoochung yang didapuk menjadi drama populer seperti Rooftop Prince dan I Miss You.

4. Luhan (Mantan anggota EXO)

Luhan dan Kris, Foto Soompi

Pada Oktober 2014, Luhan mengajukan gugatan untuk mengakhiri kontraknya, mengikuti jejak Kris. Dia mengatakan bahwa anggota EXO yang berasal dari China tidak mendapatkan perlakuan yang baik dibandingkan anggota Korea. Ia juga mengatakan bahwa kesehatannya memburuk akibat kurangnya perawatan dari SM Entertainment.

Lu Han sekarang telah berakting di beberapa film dan drama sejak meninggalkan grup besutan SM Entertainment, EXO. Dia juga telah merilis album studio dan empat EP yang telah terjual lebih dari 5 juta kopi.

Terakhir, dia juga sangat populer di Tiongkok dan membuat debut drama besar-besaran pada tahun 2017, yaitu Fighter of the Destiny dan Sweet Combat.

5. Jessica (Mantan anggota SNSD )

Jessica eks SNSD, Foto Soompi

Pada tahun 2014, para SONE (sebutan fans SNSD) dikejutkan dengan kabar keluarnya Jessica dari grup yang telah membesarkan namanya, SNSD. Dia mengatakan ingin mengejar kegiatan lain dan memulai bisnis lalu menikah.

Keinginan Jessica terwujud, kini ia memiliki label fashion sendiri, BLANC & eClare, dan membuka toko pertamanya di New York pada tahun 2016. Pada tahun yang sama, ia menandatangani kontrak dengan Coridel Entertainment dan merilis album yang menandai debut solonya, album tersebut bertajuk ‘With Love, J’.

6. Seohyun, Tiffany, dan Sooyoung dari Girls 'Generation

Seohyun, Tiffany, dan Sooyoung, Foto Allkpop

Setelah kabar Jessica sudah berlalu, para SONE dikejutkan kembali dengan mundurnya tiga anggota SNSD sekaligus, mereka adalah Tiffany, Sooyoung dan Seohyun. Pada akhir 2017 mereka mengumumkan tidak akan memperbarui kontraknya dengan SM Entertainment.

Sooyoung dan Seohyun memutuskan untuk mengejar karier solonya sebagai aktris, sementara Tiffany ingin kembali ke AS dan belajar lagi. Dia saat ini mengikuti kelas akting di Los Angeles.

Selanjutnya, Sooyoung telah aktif berperan dalam drama, seperti Man Who Sets The Table dan People You May Know. Selain itu Seohyun telah berperan dalam drama MBC Time dan masih terus bernyanyi. Dia baru-baru ini tampil di Korea Utara dalam Orkestra Samjiyon.

7. Tao (Mantan anggota EXO)

Tao eks EXO Foto: Soompi

Pada bulan Agustus 2015, Tao mengajukan untuk mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment. Dia merupakan anggota EXO dari China ketiga yang meninggalkan SM Entertainment. Tao mengungkapkan alasanya meninggalkan SM, karena kebijakan ketat agensi yang tidak memungkinkannya mengejar impiannya lainnya, seperti akting.

Sekarang ini dia dikenal sebagai Huang Zitao dengan karir akting dan musik yang sukses di Tiongkok. Dia telah muncul di film seperti You is my Sunshine, Railroad Tigers , dan The Edge of Innocence . Zitao juga membintangi drama romantis The Negotiator, yang menjadi hit besar di Tiongkok.

Kemudian pada Maret 2018 dia telah merilis single terbaru berjudul Beggar. Selain itu dia juga pernah merilis EP dan album studio bertajuk ‘Z.Tao’.

8. Henry (Mantan anggota Super Junior-M)

Henry eks Suju Foto: Soompi

Daftar terakhir idol yang meninggal SM Entertainment adalah Henry Lau yang pada 30 April lalu memutuskan untuk memutuskan kontrak setelah satu dekade berada dibawah agensi tersebut. Dia ingin mendirikan one man label, dan memutuskan kontrak dengan baik-baik. Selain itu, Henry juga telah membuka sebuah restoran di Gangnam awal tahun 2018.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini