Lega Usai Bacakan Pledoi, Gatot Brajamusti: Tinggal Tunggu Keputusan Tuhan

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 01:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 33 1887983 lega-usai-bacakan-pledoi-gatot-brajamusti-tinggal-tunggu-keputusan-tuhan-O8Z58A7BCY.jpg Aa Gatot

JAKARTA - Gatot Brajamusti telah membacakan nota pembelaan atau pledoi, terhadap tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus kepemilikan senjata api dan satwa liar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

- Baca Juga: Bacakan Pleidoi, Gatot Brajamusti Mohon Ampun

Usai mencurahkan perasaannya dalam sidang, Gatot sedikit memberikan komentar saat digiring kembali menuju tahanan. Dia mengaku bisa sedikit melepas beban yang kini ia pikul.

"Ya lega tadi sudah keluarin unek-unek disana," kata Gatot Brajamusti.

Sebelumnya diberitakan, Gatot Brajamusti menyampaikan keberatan terhadap segala tuntutan JPU. Lewat pernyataan tim kuasa hukumnya, Gatot merasa tuntutan JPU mengada-ada dan terkesan dipaksakan.

Pihak Gatot juga menilai ada ketidaksesuaian antara fakta persidangan dengan poin-poin penuntutan.

"Saya berani sumpah. Demi Allah satwa liar dan senjata api itu bukan milik saya," ujar pemilik Padepokan Brajamusti dalam sidang.

Gatot Brajamusti dituntut Pasal 21 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem karena memiliki satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

Gatot juga dinilai melanggar Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 karena memiliki senjata api. Dari kedua pasal, Gatot terancam pidana penjara 3 tahun dan denda Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam pledoi, Gatot Brajamusti juga mencurahkan apa yang dia rasakan. Kendati mengaku tetap menghormati proses hukum, Gatot merasa perlu memperbaiki kesalahan yang ia perbuat. Dia tak lupa memohon ampun kepada Tuhan agar keinginannya dapat terkabul.

"Saya hanya bisa memohon ampunan kepada Tuhan agar lewat permohonan ini, saya diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri dari segala kesalahan yang pernah saya lakukan. Terutama khususnya kesalahan yang sedang saya hadapi. Saya akan berhati-hati dan berhadapan dengan hukum semua," tuturnya.

Sayang, tak banyak kalimat terucap dari Gatot Brajamusti usai menggambarkan perasaannya setelah mengikuti sidang. Dirinya memilih mengembalikan segala keputusan terkait nasibnya pada Sang Khalik.

- Baca Juga: Antrean Sidang Lama, Gatot Brajamusti Minta Ditemani Keluarga

"Nanti tinggal tunggu keputusan dari Tuhan," pungkas dia.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini