Amoroso Katamsi Dimakamkan Secara Militer

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 00:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 18 33 1887982 amoroso-katamsi-dimakamkan-secara-militer-eI3t3aNGTp.jpg Amoroso Katamsi

JAKARTA - Aktor senior Amoroso Katamsi dimakamkan di TPU Pondok Labu, Jakarta Selatan pada Selasa 17 April 2018. Proses pemakaman secara militer pun berlangsung khidmat karena selain dikenal sebagai aktor senior, Amoroso Katamsi juga merupakan purnawirawan TNI.

- Baca Juga: Ike Muti Selalu Kenang Amoroso Katamsi sebagai Soeharto

Sebelum prosesi pemakaman berlangsung, pihak keluarga lebih dulu menyerahkan jenazah kepada pemerintah. Suasana haru pun terasa saat salah satu anak dari Amoroso Katamsi menyerahkan jenazah secara resmi.

"Saya, atas nama keluarga almarhum menyerahkan jenazah Laksamana Satu Purnawirawan TNI Amoroso Katamsi kepada pemerintah untuk dimakamkan," ucap Aning Katamsi di pelataran mesjid Imam Bonjol, komplek AL Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Amoroso Katamsi menghembuskan napas terakhirnya di usia 79 tahun di RS Mintoharjo, Jakarta Pusat pada Selasa 17 April 2018 pada pukul 01.40 WIB.

Selain faktor usia, pemain film Penumpasan Pengkhianatan G-30S/PKI ini juga wafat setelah beberapa kali dirawat di rumah sakit. Pada Januari 2018, ia sempat jatuh dan mengalami patah tulang yang disusul kondisi kesehatannya terus menurun.

Sementara itu, riwayat hidup Amoroso Katamsi dibacakan secara singkat oleh pimpinan upacara. Dari situ diketahui bahwa Amoroso Katamsi menerima pangkat terakhir sebagai Laksamana Satu TNI Purnawirawan.

 

"Kami atas nama negara dan TNI, dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa, raga, dan jasa-jasa almarnum Laksamana Satu TNI Purnawirawan Amoroso Katamsi yang telah meninggal demi kepentingan dan keluhuran bangsa pada tanggal 17 April 2018 di RS Mintoharjo, Jakarta Pusat karena sakit," ucap inspektur upacara.

Tak ada pesan khusus untuk anak-anaknya yang disampaikan Amoroso Katamsi sebelum pergi untuk selama-lamanya. Dari penuturan Aning Katamsi, almarhum bahkan membebaskan anak-anaknya untuk memilih karier dan profesi tanpa harus mengikuti jejak sang ayah.

- Baca Juga: Dihujat Usai Insiden Sobek Uang, Atta Halilintar Puji Ide Kreatif Sang Adik

“Bapak membebaskan anak-anaknya semua untuk sesuai dengan keinginan dan karier masing-masing. Jadinya anak-anaknya malah kebanyakan di musik,” terangnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini