Image

Sidang Perdana Ujaran Kebencian Ahmad Dhani Digelar Hari Ini

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 16 April 2018 12:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 33 1887107 sidang-perdana-ujaran-kebencian-ahmad-dhani-digelar-hari-ini-DagGHsGpHq.jpg

JAKARTA - Babak baru kasus ujaran kebencian yang menyeret Ahmad Dhani dimulai. Senin (16/4/2018), Dhani akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pentolan Dewa 19 akan mendengarkan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani bermula saat dirinya menuliskan materi tentang penista agama di media sosial pada 2017. Lewat Twitter, Dhani menyatakan siap memerangi orang-orang yang menistakan agama.

"Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu di ludahi mukanya," demikian bunyi tulisan Ahmad Dhani.

Sayang, tulisan Dhani langsung menuai pro kontra di kalangan publik. Beberapa menganggap suami Mulan Jameela telah menyebar ujaran kebencian lewat tulisan itu. Salah satu dari mereka bahkan langsung mengambil langkah tegas dengan mempolisikan pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Kerja Lagi Sehari Pasca Ibu Meninggal, Lucinta Luna Banjir Kritik Warganet

Baca juga: Berhasil Pose Bareng Via Vallen, Raditya Dika Incar Nella Kharisma

Pria bernama Jack Boyd Lapian melaporkan Ahmad Dhani atas tuduhan pelanggaran UU ITE. Dalam laporan tersebut, Dhani dikenakan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2). Dia pun ditetapkan sebagai tersangka pada November 2017.

Setelah melewati proses pemeriksaan, berkas perkara Ahmad Dhani akhirnya dinyatakan P21 pada Februari 2018. Kendati demikian, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan memutuskan tidak menahan Dhani karena dinilai kooperatif selama pemeriksaan.

"Sejauh ini harus mempertimbangkan apakah yang bersangkutan tidak akan melarikan diri atau dapat melaksanakan kewajibannya selama proses hukum berlangsung," kata Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Raimel Jesaya.

Sidang perdana kasus ujaran kebencian yang menyeret Ahmad Dhani rencananya akan digelar siang nanti. Informasi tersebut disampaikan sendiri oleh Dhani saat Okezone coba meminta konfirmasi lewat pesan singkat.

"Jam 2 siang," singkatnya.

 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini