Kreator Stranger Things Dituduh Plagiat Film Pendek Montauk

Lidya Hidayati, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 04 598 1882079 kreator-stranger-things-dituduh-plagiat-film-pendek-montauk-5XOI3XdhIu.jpg Stranger Things (Foto: Netflix)

LOS ANGELES - Ketika Stranger Things akan memulai produksi season ketiganya, serial populer Netflix ini diterpa gosip tak sedap. Sang kreator, Ross dan Matt Duffer dituduh telah melakukan plagiat ide proyek lain untuk menciptakan Stranger Things.

Baca Juga: Netflix Umumkan Akan Produksi Stranger Things Season 3

Tuduhan plagiat itu datang dari sutradara film pendek Montauk, Charlie Kessler. Menurut Kessler, kakak beradik Duffer mencuri idenya soal Montauk yang rilis pada 2012 silam.

Dilansir Variety, Rabu (4/4/2018), Kessler mengungkap jika dia pernah membuat teaser untuk film pendek The Montauk Project tentang insiden di Pantai Long Island. Kessler menduga Duffer bersaudara melihat ide ceritanya saat mereka bertemu di Tribeca Film Festival pada 2014 silam.

Atas kecurigaannya ini, Kessler telah melaporkan Ross dan Matt Duffer ke pihak berwajib pada Selasa 3 April 2018. Kessler melaporkan keduanya dengan tuduhan pencurian ide.

Terlepas benar atau tidaknya klaim Kessler ini, memang ada kemiripan antara ide awal Stranger Things yang diserahkan ke Netflix dengan Montauk. Judul awal Stranger Things ketika diserahkan kepada Netflix sebelum rilis pada 2016 lalu secara kebetulan adalah Montauk.

Film pendek Montauk yang berdurasi 6 menit berkisah tentang fenomenal paranormal di sekitar fasilitas pemerintah. Sementara Stranger Things bercerita tentang fenomena supernatural di sebuah laboratorium pemerintah.

Hingga berita ini dibuat, Netflix belum memberikan komentar. Diharapkan, apapun yang terjadi, proses produksi season ke-3 Stranger Things tidak akan terganggu, apalagi setelah hampir semua pemain utama season sebelumnya telah sepakat untuk kembali.

Sementara itu, Stranger Things season 3 diharapkan sudah dapat tayang pada 2019 mendatang. Setting cerita akan mengambil waktu musim panas 1985, setahun setelah apa yang terjadi di season 2.

Sutradara sekaligus produser eksekutif Shawn Levy sedikit memberi bocoran tentang kembalinya monster lawas di season 3 Stranger Things. Monster yang akan menjadi musuh utama anak-anak Hawkins nanti tak lain adalah sang Shadow Monster.

Baca Juga: Stranger Things Season 3 Akan Hadirkan Tiga Karakter Baru

Tak hanya soal kehadiran musuh baru muka lama, Stranger Things season 3 juga akan memakai setting berbeda. Menurut Levy, season 3 akan memberikan keceriaan yang belum diperlihatkan di dua season sebelumnya.

Sebelumnya, Netflix sudah membocorkan akan adanya tiga karakter baru di Stranger Things 3. Tiga karakter tersebut adalah Walikota Kota Hawkins, seorang reporter, dan wanita tua yang membantu Mike cs.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini