nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Nafa Urbach, Giliran Artika Sari Devi Ajarkan Anak Bahasa Jawa

Nadya Dwi Septriani, Jurnalis · Jum'at 30 Maret 2018 05:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 30 33 1879949 setelah-nafa-urbach-giliran-artika-sari-devi-ajarkan-anak-bahasa-jawa-N6Lse8DSGA.jpg Artika Sari Devi (Foto: Nadya/Okezone)

JAKARTA - Kesan anak muda jaman sekarang yang terkenal apatis akan budaya Indonesia membuat Artika Sari Devi mengajarkan sang buah hati bahasa Jawa sedari dini.

Meski begitu, ia juga tetap mengajarkan bahasa Inggris dan bahasa lainnya pada mereka.

- Baca Juga: Artika Sari Dewi Ungkap Cita-Cita Putri Bungsunya Ingin Jadi Alien

"Anak-anak saya itu, kita membiasakan diri mengenal kearifan lokal. Selain makanan makanan Indonesia ya, bahasa-bahasa daerah, itu juga saya kenalkan salah satunya bahasa jawa," ungkap ibu dari Dayana Zoelie Ibrahim dan Sarah Ebiela Ibrahim itu ketika ditemui di Central Park Hotel, Jakarta Pusat pada Kamis, (29/3/2018).

Ia menambahkan, "Ya anak saya juga belajar bahasa Inggris, jadi bahasa yang pertama kali saya kenalkan ke anak-anak itu adalah bahasa Ibu karena saya pikir anak sadar betul dia orang Indonesia, dan dia harus tau dari mana dia berasal,"

Artika mengaku tidak merasa kesulitan mengajarkan para buah hatinya hal baru, karena menurutnya anak-anak seperti spons yang mudah mengingat sesuatu. Bahkan terkadang sang anak lah yang mengingatkannya.

"Saya mengajarkan anak bahasa itu enggak 'Ayo duduk sini ya kita belajar bahasa bersama' gitu ya, engga kayak gitu. Tapi lebih ke sembari main," ungkapnya.

Disamping itu, bahasa yang anak-anaknya pelajari merupakan bahasa jawa halus.

"Bahasanya pun bahasa kromo inggil, bahasa halus. Karna saya inget banget dulu, ibu saya sebelum eyang saya meninggal titipkan pesen anak-anaknya semua harus bisa berbahasa jawa walaupun tidak fasih ya," tambah istri dari Baim Wong ini.

Selain bahasa Jawa dan bahasa asing, Artika juga mengajarkan kedua buah hatinya bahasa lain, seperti bahasa Bangka tempat ia dilahirkan, juga bahasa Hongkong karena sang suami berasal dari Jambi dan Hongkong.

Wanita berusia 38 tahun ini juga mengajarkan anak-anaknya untuk bijaksana dalam menggunakan teknologi yang telah maju seperti saat ini. Ia mengungkapkan, "Tapi khusus untuk anak-anak saya yang umurnya masih anak-anak (8 dan 4,5 tahun) memang saya tidak ngenalin. Tidak berikan gadget sendiri untuk dipakai."

- Baca Juga: Sejak Berusia 5 Tahun, Putri Artika Sari Devi Sudah Bersekolah Kuda

"Kami menggunakan bersama2 dan setiap hari tidak lebih dr 10 menit dan itupun harus tahu dipakai buat apa, biasanya ebi itu pake buat bantu ngerjain soal matematika." Pungkas Puteri Indonesia tahun 2004 tersebut.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini