nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eko Patrio hingga Vega Darwanti Komentari Program Televisi Alay

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 09:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 15 33 1873009 eko-patrio-hingga-vega-darwanti-komentari-program-televisi-alay-OmwU74zoFu.jpg Eko Patrio (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Baru-baru ini industri hiburan tengah dihebohkan dengan anggapan beberapa acara televisi yang dianggap sebagai program alay. Hal itu lantas membuat sederet artis angkat bicara dan mengungkapkan pendapat seperti terekam dalam Go Spot.

- Baca Juga: Eko Patrio: Kalau Siaran TV Semuanya Seperti Acara Deddy Corbuzier, Kasihan Penonton

Sebut saja Eko Patrio, Jessica Iskandar hingga Vega Darwanti.

Eko Patrio merasa prihatin atas adanya anggapan program alay yang ditujukan untuk beberapa acara. Pelawak sekaligus anggota DPR RI ini merasa tidak ada satupun program televisi alay dan hanya mengejar rating tanpa mementingkan kualitas.

Hanya saja cara penyajian setiap program kerap berbeda karena menyesuaikan dengan penonton juga jam tayang.

"Jadi kasihan sekali kalau ada yang bilang 'wah itu program alay itu program alay'. Tidak ada program alay. Program itu tergantung packaging saja. Tayangan pagi hari harusnya seperti ini, siang hari seperti ini, siang malam seperti ini. Semua acara tv enggak ada yang tanpa komedi," terang Eko Patrio.

"Buat saya kalau program alay itu program yang isinya negatif. Kalau menampilkan hal negatif, pihak tv juga sudah punya dua polisi baik dari internal maupun eksternal. Jadi tayangan di Indonesia enggak ada yang alay," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Jessica Iskandar dalam kesempatan yang sama. Wanita yang akrab disapa Jedar ini merasa penonton berhak memiliki sudut pandang yang berbeda namun tetap menghargai setiap tayangan yang mencoba untuk disuguhkan.

"Ya sebenarnya mungkin tergantung sudut pandang setiap orang. Kita pengin menyuguhkan sesuatu yang baik, yang ringan, yang bisa diterima semua umur kok," katanya.

Beberapa televisi memang menyajikan tayangan bergenre komedi yang ditujukan untuk menghibur para penonton. Meskipun demikian, Vega Darwanti memastikan setiap program selalu berisi edukasi namun disajikan dengan cara beragam.

Selalu ada hal positif dari setiap tayangan namun tidak semua hal bisa diambil secara mentah-mentah. Terlebih program acara televisi telah diawasi dengan seksama oleh pemerintah khususnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

- Baca Juga: Dua Pelawak Asal Indonesia yang Ditahan di Hongkong Kini Sudah Bebas

"Orang komedi itu tujuannya menghibur. Aku enggak setuju juga kalau program komedi dianggap tidak mengedukasi. Karena setiap program tv pasti kita akan ambil dari sisi positifnya. Harusnya pemirsa juga tidak mentah-mentah ambil dari tv, ya harus disaring lagi," tutup Vega Darwanti.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini