nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riki Putra Padukan Gamelan dan Musik Rock lewat Album "Gamelan Rules"

Edi Hidayat, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 22:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 33 1872916 riki-putra-padukan-gamelan-dan-musik-rock-lewat-album-gamelan-rules-uzenS67bWa.jpg Penampilan Riki Putra (Foto: Youtube)

JAKARTA - Seiring perkembangan musik di Indonesia, para musisi terpacu untuk menunjukkan kemampuannya untuk kreatif. Namun, sebuah kreasi baru yang digarap musisi muda Riki Putra patut dilirik lewat kolaborasi musik budaya Indonesia dan musik rock yang kekinian.

Baca Juga: Isyana Sarasvati Dinilai Judes Cuma Gara-Gara Bentuk Alis

Lewat album yang bertajuk Gamelan Rules, musisi muda asal Balikpapan tersebut menunjukkan kreativitasnya demi memajukan musik dan budaya Indonesia hingga kancah internasional. Awalnya, Riki Putra memilih genre rock-gamelan justru muncul saat ia masih kuliah di Musician Institute, Amerika.

"Jangan sampai musik tradisional kita tergerus zaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke manca negara," ujar Riki Putra di Jakarta.



Diakui Riki, memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan mempunyai nilai tambah tersendiri. Musik rock yang dinilainya sudah memiliki banyak peminat akan merasakan hal yang berbeda jika dipadukan dengan alat musik tradisional.

"Gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan, jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan," lanjut Riki Putra.

Baca Juga: Piano Jadi Tempat Pelampiasan Isyana Sarasvati

Riki Putra telah membulatkan tekad untuk tampil dalam memajukan musik dan budaya Indonesia. Bahkan Riki mengaku saat ini tengah menyiapkan konser megah dengan konsep orchestra.

"Intinya, Indonesia itu punya ribuan nilai budaya yang bisa dikembangkan, namun pada kenyataannya, justru orang luar negeri yang memiliki minat budaya Indonesia," tegas Riki.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini