nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Musisi Sejahtera, Misi Glenn Fredly Pascahelat Konferensi Musik Indonesia

Alan Pamungkas, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 18:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 205 1872791 bikin-musisi-sejahtera-misi-glenn-fredly-pascahelat-konferensi-musik-indonesia-dtTDVrF941.jpg Glenn Fredly (Foto: Instagram)

JAKARTA - Konferensi Musik Indonesia telah dihelat untuk memperingati Hari Musik Nasional. Glenn Fredly selaku Ketua Konferensi Musik Indonesia menjelaskan jika konferensi ini bertujuan untuk membuat narasi ekosistem baru industri musik di Tanah Air.

Glenn mengakui mempunyai tanggung jawab agar bisa membuat industri kreatif terutama musik sebagai pekerjaan yang bisa menyejahterakan pelakunya. Dengan demikian narasi dan ekosistem baru harus dilakukan sebagai upaya pembenahan.

"Ini adalah inisiatif kolektif yang datang dari ekosistem musik dalam upaya bersama membangun ekosistem musik yang terkelola berkelanjutan, mencerdaskan dan menyejahterakan serta keberadaan dari sebuah profesi. Selain kerja untuk perbaikan bagi industri musik ke depan, ini juga adalah kerja untuk ketahanan kebudayaan bangsa," kata Glenn.

(Baca Juga: Vicky Shu Terima Ibadah Gratis dari First Travel untuk Jadi Presenter)

(Baca Juga: Selvi Kitty Minta 'Dihajar' Suami Tiap Malam Agar Cepat Dapat Momongan)

Dengan bekerjasama dengan pemerintah, Glenn yakin mimpi untuk membuat musisi sejahtera bukanlah hal mustahil. Musik Indonesia bisa menjadi kekuatan untuk bisa memajukan Bangsa Indonesia.

Musicpreneurship juga lahir dari Konferensi Musik Indonesia. Musicpreneurship lahir dari ide untuk mengentaskan permasalahan hak cipta yang menjadi persoalan klasik tetapi menggerogoti sendi-sendi industri. Pelaku industri akan menerima royalti tanpa kesulitan. Mydio Sing misalnya, menyajikan video dan karaoke musik secara online tanpa melupakan hak cipta.

Sementara itu, Ambon yang menjadi tuan rumah Konferensi Musik Indonesia pada 7 Maret lalu terpilih sebagai Kota Musik. Wilbert Lawalata yang merupakan jawara 10 Bintang Radio Nasional dan Asean 2017 bangga jika kota kelahirannya terpilih sebagai Kota Musik. Sebab, Ambon memang terkenal produktif menciptakan musisi muda. Sistem baru regenerasi harus diperbaiki agar talenta-talenta itu bisa berkembang dan eksis di industri musik.

"Ambon City of Music adalah sesuatu yang membanggakan buat katong (kami) sebagai anak-anak Ambon. Basically, hampir majority bisa bermain music dan bernyanyi. Harapan saya, untuk melengkapi Ambon city of music, mungkin nantinya bisa diadakan sekolah musik," tambah Willy.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini