Share

Ustadz Solmed Anggap Musik Jadi Cara Dakwah Kekinian

Miftahul Khoiriyah, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 33 1870247 ustadz-solmed-anggap-musik-jadi-cara-dakwah-kekinian-Gu19HrQsrh.jpg

JAKARTA - Musik ternyata tak sebatas menjadi salah satu alat untuk menghibur para pendengarnya. Musik bahkan bisa menjadi salah satu metode dakwah kekinian seperti yang diungkapkan Ustadz Solmed pada Jumat (9/3/2018) bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional.

Menurut Ustadz Solmed, cara berdakwah dalam Islam sangat beragam. Tak hanya melalui mimbar-mimbar masjid dan membacakan ayat Alquran, seni juga menjadi salah satu metode kekinian untuk mengajak pada kedamaian.

"Iya bisa (jadi cara berdakwah). Dakwah itu banyak modelnya kok. Ada yang dakwah lewat film, lagu, dakwah lewat mimbar, masjid, majelis majelis ada dakwah lewat seni, macam macam. Jadi tidak akan dipersempit dakwah dalam Islam asalkan baik dan benar," katanya kepada Okezone.

Sebagai juru dakwah, Ustadz Solmed ternyata juga termasuk pecinta musik Indonesia. Ia kerap mendengarkan lagu beberapa penyanyi ternama yang dianggapnya memberikan energi positif.

(Baca Juga: Sempat Tertunda, Paramore Jadwal Ulang Konser di Indonesia)

(Baca Juga: Pose "Mesra", Inikah Foto Prawedding Nikita Willy?)

"Bukan pernah. (Tapi) sering. Kalau pernah kan sekali kali. Terkadang musik itu mewakili rasa bisa seperti itu. Ketika mendengarkan musik itu tiba tiba muncul semangat. Artinya sesuatu yang positif lah. Jangan sampai gara gara dengerin musik jadi ngancurin rumah, ngancurin gitar. Jangan denger musik yang bikin kita jadi orang gila," papar bapak satu orang anak ini.

Sekadar diketahui, mendengarkan musik dianggap salah dalam Islam jika membuat pendengarnya lalai terhadap kewajiban. Namun jika musik membuat pendengarnya melakukan kebaikan maka hukum kebalikannyalah yang berlaku.

"(Hukum mendengarkan musik) ya tergantung. Kalau musik itu membuat anda lalai dari kewajiban, lalai dari salat, ibadah maka tentu menjadi haram. Tapi kalau musik sekedar hiburan akal dengan mendengarkan musik tentu itu tidak jadi masalah," kata suami April Jasmine ini.

Ustadz Solmed merasa banyak penyanyi Indonesia yang pandai menciptakan lagu bernuansa positif. Ia juga berharap hal tersebut bisa terus berlanjut dan menjadikan para pendengar mendapatkan kebaikan.

"Mudah mudahan musik yang dibawakan, diciptakan menjadi musik yang mengantarkan pada kebaikan, kemaslahatan. Karena kadang banyak orang yang mendapatkan kebaikan itu ada yang lewat musik, ada yang lewat film. Jadi kita berharap para musisi bisa menciptakan lagu yang mengantarkan pada kebaikan," tutup Ustadz Solmed.

Follow Berita Okezone di Google News

(ade)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini