Share

Glenn Fredly Berharap Ada Narasi Baru Industri Musik Indonesia

Miftahul Khoiriyah, Okezone · Jum'at 09 Maret 2018 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 205 1870248 glenn-fredly-berharap-ada-narasi-baru-industri-musik-indonesia-mpwYwFrGnU.jpg Glenn Fredly (Foto: Instagram)

AMBON - Hari Musik Nasional yang jatuh pada Jumat (9/3/2018) menjadi salah satu momen penting untuk pecinta musik Indonesia. Terlebih Konferensi Musik Indonesia (KAMI) digelar secara perdana sejak 7 Maret kemarin di Ambon, Maluku dengan tema Raya Nada untuk Indonesia.

Banyak harapan yang dituangkan para penyanyi juga musisi Indonesia di hari penting ini. Salah satunya datang dari Glenn Fredly yang berharap adanya perkembangan dan narasi baru untuk musik Indonesia dan berimbang dengan alat-alat musik tradisional dan kontemporer.

(Baca Juga: Hari Musik Nasional, Ini 5 Band Indie yang Sering Manggung di Luar Negeri)

(Baca Juga: Punya Bukti Kuat, Kriss Hatta Bakal Permalukan Hilda Vitria & Billy Syahputra)

"Harapannya musik Indonesia hari ini kedepan itu punya narasi baru. Punya babak baru untuk melihat perkembangan dan kemajuannya. Kita punya potensi yang sangat sangat luar biasa dalam dunia musik. Kekayaan bunyi-bunyian, baik tradisi maupun kontemporer tu luar biasa sekali," ujar pelantun tembang Terserah ini.

"Itu anugerah yang harus kita kelolah. Karena kan buat generasi ke depan juga. Gitu. Penting. Karena itu jadi kebanggaan kita bersama," tambahnya.

Tak hanya para penyanyi seperti Ikang Fawzi, Tulus, Yura, Endah n Rhesa, Damon Kuswoyo, dan beberapa lainnya yang hadir, namun pemerintah juga turut mendukung acara tersebut. Badan Ekonomi Kreatif memberikan dukungan penuh dan berharap agar Ambon, tempat KAMI digelar secara perdana itu menjadi kota musik dunia tahun 2019 by UNESCO.

Banyak pembahasan dalam acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Glenn Fredly berharap semua usulan bisa ditampung selama konfrensi dan bersama-sama memajukan permusikan Tanah Air.

"Sebenarnya itu (undang undang permusikan) jadi satu kolom aja ya. Gimana UUD musik itu jadi pemikiran. Perkara dia jadi atau tidak, itu lain cerita," ujar Glenn.

"Karena yang penting akhirnya musik jadi wacana, ada pembicaraan antara pemerintah dengan legislatif dan ekosistem musik. Nah, bentuknya nanti perlindungannya dan pengelolaannya, wilayah pemerintah. Point nya adalah yang perlu disampaikan di sini, kerjasama. Kolaborasi itu," tambahnya.

Tak hanya konferensi musik, festival musik dan loka karya juga diadakan di hari puncak KAMI tersebut. Acara ini juga menjadi salah satu cara perayaan Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini