Selamat dari The Death Drop, Edison Wardhana Giat Belajar Bernapas

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 33 1865626 selamat-dari-the-death-drop-edison-wardhana-giat-belajar-bernapas-j68mtUYvKa.jpg Demian dan Edison (foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Stuntman dari ilusionis Demian Aditya, yakni Edison Wardhana menceritakan kondisi kesehatan terbarunya pasca-melewati masa kritis dan perawatan intensif di rumah sakit selama kurang lebih 2 bulan.

Kondisi dari pria yang kerap disapa Echon itu menunjukkan ke arah yang lebih baik. Meskipun membaik, ia tetap harus teratur menjalani fisioterapi, dan melakukan beberapa olahraga, seperti salah satunya adalah menarik nafas.

"Hampir 2 bulan ya, perkembangannya sekarang bagus walapun masih ada beberapa PR yang harus saya lakukan," ujar Edison Wardhana saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2018).

(Baca Juga: Terjun ke Dunia Musik, Herjunot Ali Ingin Duet dengan Kekasih, Tatjana Saphira)

(Baca Juga: Pujian Setinggi Langit Nikita Mirzani untuk Dipo Latief)

"Fisioterapi tetap jalan, saya juga punya PR walaupun di rumah harus tetep olahraga, olahraga ala kalau orang pascacedera. Olahraganya yang sangat sederhana, contohnya tarik napas," tambahnya.

Menarik napas dilakukan oleh Echon lantaran ia ada bagian dari paru-parunya yang terpotong. Dalam prakteknya, ia meniup balon untuk melatih paru-parunya bernapas. Untuk meniup sebuah balon, dirinya harus berusaha keras.

"Karena paru-paru saya kan kepotong, kalau dilihat secara detail saya punya paru-pari kiri agak kolaps. Jadi kalau saya napas memang enggak sama, jadi saya harus latihan napas, sedangkan kita napas tiap hari nah itu harus saya latih, dan punya target," papar Echon.

"Contohnya niup balon deh, saya tuh niup balon susahnya setengah mati, enggak mudah jadi itu yang harus saya lakuin. Tiap balon 1 ya karena untuk ngelatih paru-paru baru," ungkapnya.

Selain itu, sampai saat ini bekas jahitan Echon sudah dilepas. Namun, ia tetap diwajibkan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Jikalau tidak, dirinya akan merasakan perih di bagian bokong hingga kaki.

"Yang jelas kalau luka jahitan dan lain-lain sudah lepas, sudah kering, tapi saya masih mengonsumsi obat nyeri. Kalau saya tidak mengkonsumsi obat itu saya bisa merasakan perih-perih itu, mulai yang dari di belakang, bokong, sampai kaki saya," tutup Echon.

Diberitakan sebelumnya, Echon menggantikan Demian dalam aksi The Death Drop dengan berada di dalam box pada ajang penghargaan sebuah stasiun televisi swasta pada 29 November 2017. Dalam aksi itu, terjadi kesalahan yang mengakibatkan Echon terbaring kritis dan sempat koma beberapa hari.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini