nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyanyi Bollywood Ananya Birla Mendadak Booming Usai Nyanyi Berbahasa Inggris

Edi Hidayat, Jurnalis · Minggu 18 Februari 2018 23:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 18 205 1861230 penyanyi-bollywood-ananya-birla-mendadak-booming-usai-nyanyi-ala-despacito-VpKuMEl0xp.jpg Anaya Birla (Foto: Instagram)

JAKARTA - Penyanyi Bollywood Ananya Birla tak menyangka bahwa dirinya berhasil meraih penghargaan Platinum karena merilis single bahasa Inggris dengan alunan musik India. Dia berani membuat inovasi baru dalam bermusik yang pasti disukai oleh penikmat musik di jagat raya.

Baca Juga: Shah Rukh Khan Minta Selfie Bareng Cate Blanchett Usai Terima Penghargaan Bersama

Awalnya, dia tak menyangka kalau berhasil mendapatkan penghargaan yang membanggakan itu. Baginya, penikmat musik India sangat sedikit, dibandingkan musik aliran lainnya yang kebarat-baratan.

"Senang rasanya mengetahui banyak orang menyukai musik saya dan menikmati. Saya pikir sedikit yang suka, ternyata pendengarnya yang suka musik Barat mulai terbuka," ujarnya saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Atas penghargaan itu, musisi asli Negeri Bombai itu ingin mendorong musisi muda lainnya di India dan Asia agar semakin kreatif menggarap musik internasional. Karena selama ini, banyak musisi dengan bakat terpendam di India yang perlu didengar. Padahal para pendengarnya sangat antusias menyambut karya musik yang baru.



Dia mencontohkan, bagaimana musik Latin Despacito setelah dirilis jadi tambah populer. Menurut Ananya, kini semakin berkembang menjadi suatu hal yang global. Musik asing tak lagi dianggap sebagai sesuatu yang berbeda.

"Saya pikir musisi Asia terkadang dapat berpikiran sangat sempit. Misalnya, di India, seseorang dapat dikritik karena mereka berpikir telah melupakan budaya India dan menjadi terlalu kebarat-baratan," tambahnya.

Padahal, dia tidak akan pernah melupakan asal-usuh darah India yang menjadi negara asalnya. Terlepas dari genre dan pengaruh musik, pasti akan selalu dijelajahi.

Untuk memanjakan penikmat musiknya, dia akan mencoba memasukkan sedikit nada khas India pada karyanya. Karena para pendengar di Eropa dan Amerika Serikat menghargai keragaman tersebut.

Baca Juga: Shah Rukh Khan Bonceng Katrina Kaif & Anushka Sharma Naik Becak

Buktinya kesuksesan musik K-Pop di Amerika Serikat yang belakangan ini booming. Apalagi sejak adanya koneksi internet yang membuat musik jadi lebih didengar secara universal.

Musisi kelahiran Mumbai itu juga akan selalu akan terus berinovasi dalam menciptakan musik baru agar penikmatnya tidak bosan. Mengingat sejak kecil, dia lahir di kalangan musisi berbakat pula.

Baginya, musik adalah sebuah bentuk emosi yang bisa membuatnya bangkit. Musik bisa membuat hidupnya lebih positif dan menyenangkan. 

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini