nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalahkan BTS, 'Poet/Artist' dari Jonghyun 'SHINee' Masuk Billboard 200

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 23:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 31 205 1852856 kalahkan-bts-poet-artist-dari-jonghyun-shinee-masuk-billboard-200-5S6FSIqpPJ.jpeg Jonghyun SHINee. (Foto: Koreaboo)

LOS ANGELES – Pasar musik Amerika Serikat mulai menaruh perhatian pada karya Jonghyun “SHINee” yang meninggal dunia pada 18 Desember 2017. ‘Poet/Artist’, album solo Jonghyun yang dirilis pada 23 Januari 2018, berhasil menduduki peringkat 177 Billboard 200.

Berdasarkan pantauan Okezone, pada Rabu (31/1/2018), ‘Poet/Artist’ berada di atas 'Greatest Hits: The Ultimate Collection' karya Bon Jovi dan di bawah ‘Boom’ milik Walker Hayes. Ini merupakan kali pertama karya Jonghyun masuk dalam tangga lagu Billboard.

Prestasi Jonghyun tak hanya sampai di sana. Pada kategori Billboard World Album Chart, ‘Poet/Artist’ menempati posisi pertama. Ini bisa dikatakan sebagai pencapaian paling gemilang Jonghyun, setelah kematian mengenaskannya.

Peringkat Billboard 200 dihitung berdasarkan penjualan album tradisional, termasuk pemutaran lagu dan streaming di Amerika Serikat. Nama Jonghyun memang sudah tidak asing di industri musik K-Pop.

Baca juga: Netezin Sebut Jonghyun Jenius Gara-gara Lagu #Hashtag

Jonghyun merupakan otak di balik sejumlah tembang populer, seperti Breathe yang dipopulerkan Lee Hi, dan Lonely, single terakhir yang ia nyanyikan bersama Taeyeon “SNSD”. Sebelumnya, ia juga merilis karya-karya seperti She Is, End of A Day, dan Deja-Boo.

Penghargaan ini bisa jadi obat rindu bagi para Shawol yang sempat marah lantaran Jonghyun tak disebutkan dalam Memorial Montage pada ajang Grammy Awards 2018. Saat itu, perhatian penonton lebih mengarah pada isu seputar perempuan dan kemenangan telak Bruno Mars.

Seperti diketahui, Mars menyabet tiga penghargaan paling bergengsi sekaligus. Song of the Year, Record of the Year, dan Album of the Year, adalah tiga di antaranya.

Jonghyun adalah artis ke-10 sekaligus solois Korea ke-4 yang berhasil masuk daftar Billboard. Bersamaan dengan itu, karya-karya K-Pop lain yang masuk dalam tangga lagu Billboard adalah 'Nirvana' (mixtape milik Ravi “VIXX”) di urutan ke-5, 'Wings' dan 'You Never Walk Alone' karya BTS di urutan ke-6 dan ke-7. Sementara mixtape Stray Kids ada di urutan ke-9, 'True Colors' karya JBJ di urutan ke10, dan 'Square Two' karya BLACKPINK yang ada di posisi ke-13.

Baca juga: Video Dokumenter Jonghyun 'SHINee' untuk MV Before Our Spring Dirilis

Sementara di peringkat kedua Billboard World Album Chart, ada ‘Love Yourself: Her’ milik BTS yang sudah 19 pekan merajai tangga lagu tersebut. Album tersebut mendapat respons positif pasar Amerika Serikat, yang membuat mereka berkesempatan tampil di Amerika Serikat.

Kolaborasi dengan sejumlah musisi dunia, tak bisa dipungkiri turut mendongkrak popularitas BTS di pasar Amerika Serikat. Boy band besutan BigHit Entertainment itu pernah berkolaborasi dengan DJ Steve Aoki dan rapper Desiigner lewat Mic Drop. Mereka juga pernah berduet dengan The Chainsmoker dalam Love Yourself: Her.  

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini