nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rindu Masa Kehamilan, Acha Septriasa Berbagi Tips soal Ibu Hamil di Instagram

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 30 33 1852326 rindu-masa-kehamilan-acha-septriasa-berbagi-tips-soal-ibu-hamil-di-instagram-7q4ZskwmWa.JPG

JAKARTA - Acha Septriasa sudah rindu masa-masa hamil sehingga mengungkapkannya melalui akun Instagram paribadinya pada Selasa (30/1/2018). Padahal usia putri semata wayangnya belum genap satu tahun.

Pada akun @septriasaacha, pemain film Love Is Cinta tersebut mengaku kerinduannya ini bermula dari curahan hati salah satu saudaranya yang tengah hamil. Banyak hal yang dirasakan Acha saat hamil, salah satunya rasa penasaran yang tinggi terkait rasa sakit yang dirasakan dalam tubuhnya.

"Kemarin saudara ku cerita tentang masa kehamilan , jadi kangen masa- masa itu. Waktu itu sih aku termasuk santai, tapi tak di pungkiri jd pengen tahu segala nya," tulisnya di awal caption.

"Misalnya ketika hamil kadang aku mengalami nyeri pada pinggang, dan menurut artikel kehamilan yg dulu ku baca, ada loh cara- cara menghindari nya!," sambungnya.

Baca juga: Setelah Chainsmokers, Giliran Steve Aoki yang Digandeng BTS

Baca juga: Suga dan RM 'BTS' Siapkan Konsep Spesial untuk Album Baru

Pada unggahannya ini, Acha menjelaskan beberapa hal yang dilakukan untuk menghindari rasa nyeri. Mulai dari pilihan pakaian yang tepat hingga cara tidur yang baik dijelaskan istri Vicky Kharisma tersebut dalam keterangan foto yang diunggah.

"Menggunakan pakaian yang tepat, beberapa wanita hamil menyatakan bahwa menggunakan pakaian khusus hamil dapat membuat tubuh lebih nyaman. •Berlatih sikap tubuh yang baik. Mengingat bahwa janin yang mama kandung akan berkembang dalam setiap harinya, maka gravitasi tubuh Mama akan berpindah ke depan," terang Acha.

"Untuk mencegah Mama terjatuh akibat pertambahan berat badan ini, Mama bisa mencari sandaran untuk punggung. Beberapa sikap tubuh yang baik antara lain, berdiri tegak dan pilihlah kursi yang dapat menyokong pinggang Mama dengan baik atau tempatkan sebuah bantalan kecil dibelakang punggung bawah mama.," lanjutnya.

Bagi Acha, posisi tidur wanita hamil tak hanya penting untuk sang ibu tapi juga berpengaruh pada sang bayi. Dalam captionnya kali ini, terbongkar pula kebiasaan Acha selama hamil yakni olahraga demi kesehatan tubuh dan janin dalam rahimnya.

"Tidur menyamping ;

Saat hamil, pastikan Mama tidak tidur dengan punggung, dan sebaiknya tidur dengan posisi menyamping dan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Menggunakan bantal yang seukuran dengan tubuh atau menempatkan satu bantal diantara lutut juga dapat membantu posisi tidur Mama," bebernya.

"Latihan fisik atau senam hamil

Aktivitas fisik yang rutin dalam setiap harinya juga dapat menjaga pinggang tetap kuat dan juga dapat mengatasi sakit pinggang selama kehamilan. Mama bisa melakukan beberapa olahraga yang baik untuk ibu hamil. •Mengangkat benda dengan posisi tepat. Ketika ibu hamil bekerja, ketika akan mengangkat benda, pastikan Mama berjongkoklah lalu angkat tubuh dengan menggunakan kaki dan jangan menekuknya di bagian pinggang atau mengangkat dengan pinggang Mama," tulis Acha di akhir caption.

Seperti diketahui, Acha melahirkan seorang putri secara normal di Rumah Sakit Royal Hospital for Woman Sydney, Australia pada 20 September 2018. Kini ia sibuk menjalankan perannya sebagai seorang ibu meskipun masih eksis di industri hiburan Tanah Air. Belum lama ini, Acha bahkan mengunjungi Indonesia untuk film terbarunya yang tayang pada awal Februari mendatang.

(ade)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini