Vino G Bastian Dukung Film Festival Tayang di Bioskop Komersil

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 206 1852360 vino-g-bastian-dukung-film-festival-tayang-di-bioskop-komersil-K4xc6wnfJb.jpg

JAKARTA – Beberapa tahun terakhir sederet film-film yang tayang dalam gelaran festival mulai dipasarkan secara komersil. Jika sebelumnya hanya bisa disaksikan secara terbatas, kini sudah bisa disaksikan langsung di bioskop-bioskop yang tersebar di Indonesia dan berjejer dengan judul film komersil lainnya.

Bagi aktor Vino G. Bastian, ia tak membeda-bedakan baik film komersil dan festival yang kini bisa disaksikan seluruh kalangan. Sebagai pelaku seni dalam dua segmen tersebut, mengaku melakukan yang terbaik meski ditayangkan pada ranah berbeda.

“Sebenernya kalau saya pribadi tidak pernah membedakan film komersil dan film festival, film ya film aja gitu. Mungkin edarnya aja beda, satu di festival, satu di komersil. Buat saya ya kita bermain yang terbaik aja buat film itu. Tapi memang tradisi sekarang yang berubah, bahwa film yang festival di pasarkan ke bioskop, ya memang harusnya seperti itu sih. Jadi, enggak cuman kalangan terbatas aja yang bisa nonton,” jelas Vino di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Senin, 29 Januari 2018.

Bintang film “Chrisye” tersebut mengapresiasi reaksi penonton film Indonesia dengan sederet karya film festival Indonesia yang sukses mengharumkan negara. Sebut saja “Istirahatlah Kata-Kata” (2017) yang tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival dan memboyong sederet penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2016.

Baca juga: Setelah Chainsmokers, Giliran Steve Aoki yang Digandeng BTS

Baca juga: Suga dan RM 'BTS' Siapkan Konsep Spesial untuk Album Baru

Ada pula film “Turah” (2016) yang masuk dalam daftar seleksi Academy Awards 2017 (Oscars) untuk kategori Foreign Language Film. Selain itu baru-baru ini yang ramai diperbincangkan adalah “Marlina The Murderer in Four Acts” yang masuk dalam Busan Internasional Film Festival 2015, Festival Film Cannes 2017, dan Melbourne Film Festival.

“Kan banyak yang di festival sukses tapi juga mendapatkan apresiasi penonton yang banyak. Kayak Istirahatlah Kata-Kata, Turah, Siti, Marlina. Jadi memang sudah saatnya pemasaran film itu bukan Cuma di komersil aja yang ditayangkan secara luas. Film-film festival ini juga mengharumkan nama bangsa kita di luar kok. Orang-orang Indonesia yang mau nonton susah mau dimana, karena dipasarinnya terbatas,” jelas Vino.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini