nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sentuhan Broadway di Single Terbaru, Bukti Rian 'Idol Junior' Perkaya Wawasan Musik

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Minggu 28 Januari 2018 10:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 27 205 1851159 sentuhan-broadway-di-single-terbaru-bukti-rian-idol-junior-perkaya-wawasan-musik-DJozSzA01d.jpg Rian Idol Junior (Foto: Dede/Okezone)

JAKARTA - Rian 'Idol Junior' melangkah lebih jauh dari sekadar pop untuk karya-karya yang akan ia sajikan di usia yang menginjak remaja ini. Wawasan musiknya diakui sudah jauh lebih luas ketimbang saat ia dinobatkan menjadi runner-up Idol Junior pada 2015.

Salah satunya, ada nuansa Broadway dalam single terbaru yang judul dan tanggal rilisnya belum dipastikan. Rian akan membuktikan kepada para fans-nya bahwa ia serius dalam menggarap lagu. Namun, lagu-lagu karyanya itu tetap akan mudah didengar (easy listening) karena ia ciptakan untuk kalangan remaja alias "kids zaman now".

"(Single baru) Lebih ke pop tapi ada sentuhan Broadway, yang section brass untuk alat musik, dan jazz untuk chordnya. Jadi paduan chord, alat musik, genre, terus pembawaan, campur jadi satu," kata Rian kepada Okezone di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

(Baca Juga: Sambangi Rumah Tessa Kaunang, Sandy Tumiwa Ingin Rebut Hak Asuh Anak)

(Baca Juga: Polisi Sebut Tak Ada Penggerebekan di Rumah Tessa Kaunang)

"Easy listening, pasti. Jadi orang denger enggak usah kata-katanya, tapi nanti nadanya hafal. Nanti penasaran liriknya apa. Karena anak zaman sekarang tuh lebih ke nada atau kata. Jangan yang terlalu susah dan nadanya itu jangan yang kompleks. Kayak secara enggak sadar senandung," lanjutnya.

Cowok 15 tahun bernama lengkap Febrian Nicanor Napitupulu ini menyatakan ingin mulai bermusik layaknya orang dewasa. Namun sementara ini, ia ingin bercerita tentang pengalamannya beranjak remaja dengan segala tetek bengeknya seperti cinta pertama pada orang lain, topik pembicaraan antarteman yang sudah mulai slengekan, dan nada-nada centil yang sempat ia ungkapkan dengan malu-malu. Ani, ibu Rian, sempat membantah mentah-mentah saat Rian mengaku dirinya pemalu.

"Emang kelihatannya pemalu, tapi kalau sudah ngomong banyak banget. Di rumah juga begitu," celetuk Ani.

Nuansa lagu yang ia pilih tak jauh dari musisi-musisi idolanya seperti Afgan, maupun orang-orang yang ia anggap senior seperti Rizky Febian dan Bastian Steel. Namun untuk sekarang ini, ia masih bekerjasama dengan produser-produser dan pelatih vokal seperti Indra Azis.

Rian pun bercita-cita menjadi komposer (pencipta lagu). Demi tujuan itu, ia baru mulai mengenyam bangku SMK musik kelas 1 di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten. Ia memilih belajar alat musik flute karena belum banyak dimainkan oleh musisi-musisi pop lokal.

"Piano itu wajib, tapi aku ambil tambahan flute. Anti-mainstream sih, kalau saksofon kan udah banyak. Ini jadi sejenis suling, cuma lebih modern," tutup Rian.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini