Tak Hanya Bipolar, Dolores O'Riordan 'The Cranberries' Juga Idap Penyakit Mental Lain

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 33 1845976 tak-hanya-bipolar-dolores-o-riordan-the-cranberries-juga-idap-penyakit-mental-lain-ZapqtkcYCT.jpg Dolores O'Riordan (Foto: Irish News)

LONDON – Di tengah kabar kematiannya, orang-orang ramai membahas tentang penyakit bipolar yang diidap oleh Dolores O’Riordan. Vokalis The Cranberries tersebut memang pernah mengungkap didiagnosa mengidap bipolar pada 2017 silam.

“Aku ada di sisi hipomanik dari spektrum yang hilang muncul dalam kurun waktu lama. Tapi secara umum, kau hanya bisa bertahan pada akhirnya sekitar 3 bulan sebelum kau benar-benar berada di titik terendah dan jatuh dalam masa depresi,” kata O’Riordan pada Metro seperti dilansir Mercury News, Selasa (16/1/2018).

Baca Juga: Surat Perpisahan Penuh Haru Stephen Street untuk Vokalis 'The Cranberries'

Sebagai penderita bipolar, O’Riordan kerap mengalami episode manik. Pada saat masa manik menyerangnya, O’Riordan bisa tak tidur sama sekali dan mengalami paranoid yang teramat sangat.

“Ketika kamu mengalami episode manik, kamu tidak tidur dan sangat paranoid. Jadi, aku mengobatinya dengan obat-obatan,” terang O’Riordan.

Di kesempatan lain, O’Riordan mengatakan, “Aku akan perlu minum obat untuk bisa tidur dan agar bisa normal di dunia yang gila ini.”

Kesehatan mental O’Riordan sejatinya sudah lama bermasalah. Ketika ayahnya meninggal pada 2011 silam, mengakui keadaan mentalnya memburuk. Sebagai seorang anak, O’Riordan tak bisa begitu saja menerima kematian ayahnya.

“Aku merasa ketika dia meninggal dunia, dia tak benar-benar meninggalkan dunia ini. Aku merasa dia masih ada di sekitarku. Aku bisa merasakannya mencoba untuk melindungiku dan berkomunikasi denganku,” cerita O’Riordan dikutip dari Independent.

Sebelum itu, O’Riordan juga mengalami tekanan mental setelah menjadi korban pelecehan seksual sejak umur 8 hingga 12 tahun. Fakta mengejutkan itu baru diungkap anak bungsu dari 7 bersaudara tersebut pada 2013 silam.

Baca Juga: Dolores O'Riordan Sempat Telefon Teman sebelum Ditemukan Meninggal

“Ini adalah sesuatu yang akan kubawa selamanya. Ada rasa beban yang teramat besar yang terangkat dari pundakku. Aku merasa berbicara dan mengungkapkan hal ini kepada semua orang yang membeli albumku dan mencintaiku akan sangat membantuku,” papar O’Riordan.

Kini, O’Riordan telah lepas dari penyakit bipolar yang dideritanya selama bertahun-tahun. Ia juga sudah tak lagi merasakan penderitaan di dunia ini. Selamat jalan, O’Riordan. Karyamu akan selalu dikenang.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini