Kondisi Membaik, Ruben Onsu Mulai Belajar Napas yang Benar

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 13 33 1844529 kondisi-membaik-ruben-onsu-mulai-belajar-napas-yang-benar-LfZoLf1T66.jpg Ruben Onsu dan Sarwendah (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Ruben Onsu keluar dari rumah sakit setelah sempat dirawat beberapa hari akibat kondisinya lemah, Sabtu (13/1/2018). Kini kondisi pria 34 tahun ini berangsur-angsur mulai stabil.

Meski diperbolehkan kembali ke rumah, Ruben tetap harus menjaga pola makannya. Apalagi dirinya mengaku sempat didiagnosa mengalami kekurangan protein dan membuatnya syok.

"Semua kita cek deh biar ketauan penyakitnya. Yang paling bikin saya syok itu, saya kurang protein. Tenaga yang saya keluarkan, enggak sama dengan yang dibutuhkan badan saya," ujar Ruben Onsu yang ditemui di rumah Sakit Umum Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

(Baca Juga: Arti Nama Anak Kedua Donita dan Adi Nugroho)

(Baca Juga: Penuh Haru, Cerita Donita dan Adi saat Anak Kedua Masuk Ruangan NICU)

"Saya makan sudah benar tapi enggak tepat waktu. Tapi ternyata bukan makan yang benar gitu. Jadi ya balik lagi mulai tahu pola makan yang bener, jam-jamnya. Jadi Istirahat di sini total udah fisioterapi," sambungnya.

Tak hanya syok lantaran diketahui mengalami kekurangan protein. Bapak dari Thalia Putri Onsu ini juga diketahui tengah belajar bernapas. Sebab, sistem pernafasan Ruben diketahui kurang benar lantaran ia sering kali bekerja di studio.

"Jadi gue dari kemarin belajar napas, kadang lupa gimana cara nyolong napas. Jadi 3 hari ini belajar napas. Ternyata ada sistem pernapasan yang harusnya benar. Karena kerja di studio itu lampunya lebih dari 25 kg dan untuk badan saya itu enggak bagus. Mungkin kalau dulu usia saya baru 28 atau 29 masih oke ya. Sekarang sudah 34, kalau kata dokter sudah harus tahu setiap perubaham umur pasti akan ada sesuatu yang kita baru kenal tentang diri kita," tuturnya.

Sementara itu, ditengah perawatan penyakitnya selama kurang lebih lima hari ini, Ruben mengaku kaget lantaran ia baru mengetahu bahwa dirinya memiliki penyakit asma. Ia pun mengaku baru merasakan adanya penyakit saat kemarin dirinya merasa kesulitan bernapas.

"Enggak ada (gejala baru). Tapi penyakit baru ketahuan itu asma. Jadi saya harus mulai hati-hati dengan asma. Kalau asma memang keluarga asma. Saya enggak ngerti asma ngerasainnya gimana? Jadi kemarin pas susah nafas baru ngerasain itu asma," ungkapnya.

"Jadi, dinikmati sih selama masih bisa di-handle," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini