Pengabdi Setan hingga Wiro Sableng, Ini 5 Film Reboot dan Remake Laris Indonesia

Lidya Hidayati, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 206 1844333 pengabdi-setan-hingga-wiro-sableng-ini-5-film-reboot-dan-remake-laris-indonesia-gtv2lS0lC2.jpg Pengabdi Setan (Foto: YouTube)

JAKARTA – Bagi pecinta film, istilah remake atau reboot pasti sudah tidak asing lagi. Di bulan ini saja, kita disuguhi film reboot Jumanji yang merupakan daur ulang dari film aslinya yang dirilis pada 1995 lalu.

Film remake atau reboot tak hanya berlaku di luar negeri. Di Indonesia pun ada sejumlah film yang merupakan hasil remake atau reboot karya-karya terdahulu. Tak hanya film, sinetron pun bisa diremake menjadi film di Indonesia.

Popularitas dan kesuksesan film-film terdahulu membuat insan perfilman di era sekarang memutuskan untuk membuat versi barunya. Di Indonesia, ada beberapa film remake atau reboot yang menuai sukses, tak kalah dari film aslinya. Lima film remake atau reboot Indonesia di antaranya adalah:

1. Pengabdi Setan

Mendengar judul film ini saja mungkin masih menimbulkan rasa sakut pada sosok ibu bagi anda yang sudah menontonnya. Pengabdi Setan merupakan salah satu film reboot tersukses yang pernah ada di industri film Indonesia.

Versi originalnya pertama kali dirilis pada 1980an silam. Seperti halnya versi terbaru, Pengabdi Setan 1980 juga menuai sukses besar. Film arahan Sisworo Gautama ini bahkan sampai menembus pasar internasional, dirilis dalam bentuk VHS dan DVD di berbagai negara, termasuk Amerika, Jepang, dan sejumlah negara-negara Eropa.

2. Jomblo

Jomblo menjadi salah satu film komedi romantis paling laku saat dirilis 2006. Saking lakunya, Jomblo yang diadaptasi dari novel diangkat juga ke layar kaca. Pemain utamanya sama yakni Dennis Adhiswara, Rizky Hanggono, Christian Sugiono, dan Ringgo Agus Rahman.

Satu dasawarsa berlalu, Jomblo akhirnya dibuat versi remakenya dan tayang pada Oktober 2017 lalu. Di versi remake ini, empat pemeran utama diperankan oleh Richard Kyle, Ge Pamungkas, Arie Kriting, dan Deva Mahenra. Ceritanya sama, yakni tentang empat sahabat yang sama-sama jomblo.

3. Warkop DKI

Siapa orang di Indonesia yang tak kenal Warkop DKI. Film-film Warkop DKI yang dibintangi oleh Dono, Kasino, dan Indro dari 1970-an hingga pertengahan 1990-an tak lekang dimakan zaman dan bisa dinikmati semua generasi. Sukses di layar lebar, Warkop DKI diadaptasi menjadi sinetron yang juga dibintangi oleh Karina Suwandi, Roweina.