Image

Resep Agar Komikus Indonesia Bisa Berkarya di Marvel Comics

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 14:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 206 1844079 resep-agar-komikus-indonesia-bisa-berkarya-di-marvel-comics-PTXIZmjxTu.jpg Marvel Creative Day Out (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - CB Cebulski, Editor-In-Chief Marvel Comics datang berkunjung ke Indonesia untuk berbagi ilmu dalam acara Marvel Creative Day Out. Ia pun tak ragu memberikan resep agar komikus Indonesia bisa berkarier di Marvel Comics.

Seperti diketahui, saat ini setidaknya ada empat orang Indonesia yang berkarier sebagai komikus di Marvel. Peluang berkarier di Marvel sebenarnya sangat terbuka lebar jika komikus Indonesia memiliki kepercayaan diri untuk bisa bersaing dengan komikus-komikus luar.

(Baca Juga: Manisnya Miley Cyrus dan Liam Hemsworth Liburan Tahun Baru di Australia)

(Baca Juga: Ricky Martin Bahagia Lepas Status Lajang)

“Satu-satunya hal yang ingin saya ingatkan kepada kalian, dengan menggunakan mereka-mereka ini sebagai contohnya, adalah bahwa Marvel selalu membukakan pintu. Mereka ini adalah orang-orang yang melangkahkan kaki mereka untuk masuk ke dalam pintu tersebut dan mereka bisa mencapai kesuksesan setelah melewati pintu tersebut. Mereka punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka sendiri dan bisa terus berkarya,” papar Cebulski menjawab pertanyaan seorang wartawan.

Ario Anindito, Miralti Firmansyah, Yasmine Putri, dan Sunny Gho adalah contoh nyata bahwa Indonesia memiliki potensi untuk bersaing di pasar global. Karya-karya mereka saat ini sering kali ditemui dalam komik-komik Marvel dari mulai Wolverine, Gweenpool, The Amazing Spider-Man, atau bahkan Star Wars.

Keempat nama tersebut dilirk oleh Marvel setelah mencoba menampilkan keahlian mereka dalam ajang-ajang seperti Indonesia Comic-Con. Namun, bagi mereka yang memiliki kemampuan di bidang komik tapi tidak berani untuk mencoba maka kariernya pun tidak akan akan sementereng Ario dkk.

“Ada begitu banyak orang yang memang tidak berani untuk melewati pintu itu, tidak memiliki kepercayaan diri tinggi karena yang dibutuhkan bukan hanya sekadar talenta saja tapi juga yang paling penting adalah percaya pada diri sendiri. Percaya dan langkahkan kaki untuk masuk ke pintu itu, tutup pintunya, dan tinggalkan semua keraguan kalian di belakang. Itu kuncinya,” kata Cebulski berpesan.

Cebulski sendiri dalam presentasinya menjelaskan bagaimana sistem bekerja di Marvel Comics. Ia bahkan membawa beberapa gambar sketsa pertama Stan Lee untuk komik-komik superhero Marvel yang kini sudah dikenal dunia.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini