Image

Ini 7 Album Musisi Dunia yang Layak Diantisipasi Sepanjang 2018

Nur Kurniawati Ijabah , Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 23:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 205 1844363 ini-7-album-musisi-dunia-yang-layak-diantisipasi-sepanjang-2018-UmCimHcyit.jpg Ariana Grande. (Foto: Clash Magazine)

LOS ANGELESCamila Cabello membuka 2018 dengan merilis ‘Camila’, album solo perdananya pascahengkang dari Fifth Harmony. Album yang dilepas ke pasaran pada 12 Januari 2018 itu berisi 10 lagu, termasuk Never Be the Same dan Havana (feat Young Thug).

Khusus Havana, lagu itu sukses menembus peringkat kedua Billboard Hot 100, naik satu peringkat dibandingkan minggu lalu. Dalam daftar itu, dia hanya satu posisi di bawah Perfect milik Ed Sheeran.

(Foto: Instagram/@camila_cabello)

Cabello bukan satu-satunya musisi yang akan merilis karyanya pada tahun ini. Ada Liam Payne, Justin Timberlake, Nicki Minaj, hingga Ariana Grande, yang juga dipastikan akan mengeluarkan karya terbaru mereka.

Lalu siapa yang akan sukses melambungkan karyanya di puncak tangga musik dunia sepanjang 2018? Berikut adalah deretan album yang diprediksi booming tahun ini seperti dilansir dari Rolling Stone.

Madonna

Si Material Girl, membocorkan rencana album barunya saat didapuk sebagai bintang tamu dalam talk show Live with Kelly & Ryan, pada 8 Desember 2017. Kala itu, host Anderson Cooper bertanya kapan Madonna akan merilis album dan kembali menggelar tur.

“Segera. Aku menghabiskan waktu dengan (menemani David) berlatih bola di Portugal. 2018…Aku akan kembali, baby. Aku akan kembali untukmu!” ujarnya.

(Foto: Billboard)

Dia menambahkan, “Aku berkeliling dunia saat ini dan mendengarkan banyak musik yang berbeda. Aku terinspirasi oleh orang-orang dan menyerap banyak hal di sekitarku saat ini.”

Tahun ini, menurut Madonna, dia siap kembali mendekatkan diri dengan kesederhaan dan keindahan musik dan liriknya. Belum ada detail informasi terkait judul album dan musik seperti apa yang akan ditawarkan Madonna dalam album terbarunya tahun ini.

Baca juga: Rayakan Pergantian Tahun, Putri Madonna Pamer Bulu Ketiak

Justin Timberlake

Memulai karier sebagai artis cilik, Justin Randall Timberlake meraih popularitas saat bergabung dengan NSYNC pada 1995. Dia kemudian bersolo karier dengan membawakan Like I Love You di ajang MTV VMA pada Agustus 2002.

Pada tahun yang sama, sekitar bulan November, Timberlake resmi merilis ‘Justified’, album solo perdananya. Kini setelah 22 tahun karier bermusiknya, suami aktris Jessica Biel itu akan merilis album kelima, bertajuk ‘Man Of the Woods’, pada 2 Februari 2018.

(Foto: Instagram/@justintimberlake)

Timberlake menghabiskan 2016-2017 untuk menggarap album tersebut. Ia pernah mengunggah kebersamaan dengan Timbaland, Pharrell Williams, dan Little Big Town yang dipastikan menjadi rekan kolaborasinya dalam album tersebut.

Pada 5 Januari 2018, Timberlake merilis Filthy, lagu beraliran electro-funk yang menjadi single andalannya dalam album itu. “(Seperti apa) Musik yang aku garap dalam album ini? Ini akan membawa kalian ke level berbeda,” ujarnya.

Judas Priest

Band heavy metal asal Inggris, Judas Priest, dijadwalkan merilis ‘Firepower’ pada 9 Maret 2018. Ini merupakan album studio pertama mereka setelah ‘Ram It Down’ yang dirilis 29 tahun silam.

Menariknya, Judas Priest menggandeng Tom Allom dan Andy Sneap untuk menggarap musik heavy metal modern bergaya ’70 dan ’80-an dalam album tersebut. Allom merupakan produser di balik tiga lagu (Breaking the Law, Screaming for Vengeance, dan Heading Out to the Highway) yang dirilis pada 1980. Sementara Sneap, diketahui menggarap pengerjaan album Megadeth, Fear Factory, dan Arch Enemy.

“Tom Allom punya citarasa metal klasik yang kami inginkan. Sementara Andy Sneap lebih terasa metal modern-nya. Kelebihan itulah yang kemudian kami lebur dalam album ini,” kata Rob Halford seperti dilansir dari Rolling Stone.

Ariana Grande

Kepastian pelantun Side to Side itu akan merilis album baru, dibocorkannya melalui Instagram, medio Desember 2017. Dimulai dari seorang fans yang mengunggah foto hitam putih yang memperlihatkan Grande sedang di dalam studio rekaman.

Meski mengatakan foto itu adalah potret lama, namun Ariana Grande tak menepis kabar sedang menggarap album baru. Dalam keterangannya, dia mengatakan, sempat trauma atas teror bom yang terjadi di penghujung konsernya pada pertengahan 2017, di Manchester, Inggris. Sekitar 22 penggemarnya meninggal dalam insiden itu.

 “Aku mulai menggarap album baru, sekitar setahun yang lalu. Lebih dari setahun silam. Tapi aku ingin tetap menciptakan sesuatu dan (album) itu belum selesai,” katanya kepada Billboard.

Dia menambahkan, “Maka, aku mengambil lebih banyak waktu (untuk menggarapnya). Aku beristirahat dan kembali menggarapnya secepat mungkin.” Mengutip The Los Angeles Times, Pharrel Williams mengatakan, “Album baru dia sangat luar biasa!”

 Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi lebih jauh dari Grande mengenai kapan tepatnya album itu akan dirilisnya.

Nicki Minaj

‘The Pinkprin’ yang dirilis pada 2014 merupakan, album terakhir yang pernah dirilis si pelantun Anaconda ini. Tahun lalu, Nicki Minaj mengisi waktunya dengan sejumlah proyek kolaborasi.

Pada semester I 2017, dia berkolaborasi dengan Drake dan Lil Wayne dalam Changed It dan No Frauds. Minaj juga berkolaborasi dengan Migos dan Cardi B dalam MotorSport, serta Gucci Mane dalam Make Love.

 Kolaborasinya tak berhenti sampai di situ. Minaj menjalani kolaborasi lainnya bersama Katy Perry dalam Swish Swish dan Fergi dengan You Already Know.


(Foto: New York Times)

Dia juga tak berkomentar banyak tentang rencana penggarapan album keempatnya. Dalam wawancaranya dengan T Magazine, Minaj mengatakan, “Album ini adalah segalanya dalam hidupku. Sekarang, aku bisa memberitahu kalian apa yang akan terjadi dalam hidupku dalam 2 tahun terakhir.”

Dia menambahkan, “Aku tahu benar diriku. Pada akhirnya, aku mengenal siapa Nicki Minaj melalui album ini. Aku mencintai dia.” Serupa dengan Madonna, Minaj masih enggan membocorkan kapan album terbarunya itu akan dirilis.

Selena Gomez

Para Selenator –sebutan untuk fans Selena Gomez- akhirnya bisa bernapas lega. Medio Desember 2017, kekasih Justin Bieber itu memastikan akan merilis album baru lewat Instagram. “Saat ini. Hingga tahun depan. Di sini aku akan berada,” tulisnya kala itu.

Dalam wawancara dengan Billboard, Gomez berkata, “Orang-orang tahu apa yang kulewati tahun ini (2017). Aku mencurahkan hatiku untuk menggarap musik. Aku tak peduli dengan tangga musik ataupun angka-angka. Ini hanya tentang bagaimana aku secara kreatif menggarap musikku,” katanya.

Dia menambahkan, “Aku bisa katakan, inspirasiku untuk album selanjutnya sedang berjalan. Dan album itu akan segera keluar.”

‘Revival’ merupakan album terakhir Selena Gomez pada 2015. Tahun lalu, dia ‘menggoda’ penggemarnya dengan merilis Bad Liar dan Fetish. Namun pergulatannya dengan lupus, sedikit menghambat karier musik Gomez.

Dia memutuskan menunda jadwal turnya dan melakukan operasi transplantasi ginjal. Namun, sepanjang masa pemulihannya, Gomez masih disibukkan dengan proses rekaman bersama Jacob Kasher, Ryan Tedder, Julia Michaels, dan Justin Tranter.

Meski masih belum ada kepastian jadwal perilisan, Gomez memastikan penggarapan albumnya bukanlah proyek agresif. “Musikku akan terasa lebih tulus,” katanya.

Baca juga: Selena Gomez Unfollow Demi Lovato dan Gigi Hadid di Instagram, Kenapa?

Cardi-B

Tahun lalu, Cardi B tercatat sebagai musisi paling sensasional. Pada Agustus 2017, single debutnya Bodak Yellow naik ke peringkat dua Billboard Hot 100, kurang dari 2 bulan setelah dirilis. Lagu itu, sekaligus memuncaki tangga lagu Hot R&B/Hip-Hop Billboard.

Pada 25 September 2017, Bodak Yellow memuncaki Billboard 100. Torehan itu menjadikan Cardi B sebagai rapper solo pertama yang menguasai Billboard Hot 100 setelah Lauryn Hill pada 1998. Tak hanya itu, dengan dua tembang kolaborasi: No Limit dan MotorSport, Cardi B menjadi rapper perempuan pertama yang mendaratkan tiga karyanya di 10 besar Billboard Hot 100.

Sebelum menutup 2017, Cardi B merilis Bartier Cardi yang mana dia menggandeng 21 Savage. Dia membuka 2018 dengan berkolaborasi dengan Bruno Mars dalam lagu remix, Finesse. Dirilis pada 3 Januari 2018, lagu itu mengumpulkan lebih dari 60 juta view dalam 9 hari.

Sepanjang semester II 2018, Cardi berjanji pada fansnya akan segera mengeluarkan album debutnya. Untuk merealisasikan janjinya, dia diketahui menggandeng J. White, produser di balik Bodak Yellow, dan Rvssian, spesialis dancehall.

“Sejauh ini, aku sudah memiliki 6-7 lagu yang kusukai. Namun aku sedikit bertanya-tanya, sebulan dari sekarang apakah aku akan mengubah pikiranku?” katanya dalam wawancara dengan Rolling Stone.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini