Dinilai Bersalah, Jaksa Tuntut Ello Satu Tahun Penjara

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 02 33 1838926 dinilai-bersalah-jaksa-tuntut-ello-satu-tahun-penjara-X3lg9H9XkX.jpg Ello (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) resmi membacakan tuntutan terhadap Marcello Tahitoe atau Ello dalam perkara narkotika di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2018). JPU Herlangga Wisnu menyatakan Ello dan terdakwa lainnya, Diego Maradona Tampubolon bersalah atas penyalahgunaan narkotika jenis ganja untuk diri sendiri.

"Menuntut Majelis Hakim memutuskan Terdakwa satu dan dua terbukti bersalah melakukan penyalahgunaan narkotika. Terdakwa melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 ayat (1) KUHP. Menjatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa satu dan dua masing-masing satu tahun dikurangi masa tahanan," kata JPU Wisnu dalam sidang.

Baca Juga: JPU Belum Siap, Sidang Tuntutan Ello Tertunda hingga Januari 2018

Dalam kesempatan yang sama, JPU herlangga Wisnu juga menjelaskan poin pertimbangan penetapan tuntutan yang memberatkan serta meringankan hukuman.

Menurut JPU Wisnu, penyalahgunaan narkotika jenis ganja yang dilakukan Ello sudah mencederai upaya pemerintah dalam memerangi narkoba menjadi faktor pemberat pidana. Sementara untuk faktor yang meringankan, JPU Wisnu menilai pengakuan dan penyesalan Ello saat dimintai keterangan dalam sidang bisa jadi pertimbangan.

Baca Juga: Sempat Tertunda Lama, Jaksa Bacakan Tuntutan Ello Hari Ini

Sebagai pengingat, Ello terseret perkara narkoba usai kedapatan menyimpan dua paket ganja di kediamannya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada 6 Agustus 2017. Selain Ello, polisi juga mengamankan seorang pria bernama Diego Maradona Tampubolon di lokasi yang sama.

Usai tuntutan dibacakan, Ello dan Diego langsung berkonsultasi pada tim pengacara untuk menentukan langkah hukum berikutnya. Diwakili Chris Sam Siwu selaku kuasa hukum, kedua terdakwa pun memilih membacakan nota pembelaan (pledoi) di hari yang sama.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini