Lulusan Hukum Tetap Nyanyi, Marcell Siahaan: Hukum Tetap Berguna di Industri Musik

Sumarni, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 04:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 24 33 1819609 lulusan-hukum-tetap-nyanyi-marcell-siahaan-hukum-tetap-berguna-di-industri-musik-LgUz32XuSI.jpg Marcell Siahaan (Foto: Rima/Okezone)

JAKARTA - Musisi Marcell Siahaan rupanya sama sekali tidak tertarik meninggalkan dunia tarik suara. Ia berjanji akan terus menghasilkan karya baru meski sudah menyandang status sebagai sarjana hukum. Marcell menegaskan tak ingin beralih profesi.

Baca Juga: Yakin Raline Shah Bisa Bernyanyi, Marcell Siahaan Tak Kesulitan Temukan Chemistry

Bapak tiga orang ini mengungkap tetap bisa menerapkan ilmu yang dipelajari selama duduk di bangku kuliah dalam kehidupan industri musik Tanah Air. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Marcell saat dijumpai di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Industri musik nyatanya juga memerlukan sarjana hukum untuk memperbaiki industrinya. Bisa jadi saya tidak banting stir, saya hanya parkir dan jalan lagi," ujar Marcell kepada pewarta.

Ia menilai ilmu hukum sebenarnya sangat berguna bagi para musisi saat hendak melakukan kontrak kerja. Sehingga karya-karya dan hak cipta mereka dapat terlindungi tanpa khawatir disalahgunakan.

"Nyatanya, banyak teman-teman di industri musik yang memerlukan hal itu. Untuk mengetahui caranya di advokasi dalam baca kontrak. Industri musik ini juga perlu revitalisasi," ucapnya.

"Perlu sosialilsasi bagaimana melindungi karya karya mereka. Inikan perlu orang-orang seperti kami yang mengerti," sambungnya menjelaskan.

Selama berkecimpung di industri musik, Marcell melihat belum banyak lulusan dari jurusan hukum yang tertarik bekerja di bagian itu. Kendati demikian, ia tetap akan membantu apabila ada rekan musisi yang meminta bantuannya menangani masalah tersebut.

"Sejauh ini profesi ini juga belum ada yang serius mau menekuni. Jadi ya, kalau memang ada teman yang meminta bantuan, saya pasti bantu," imbuhnya.

Baca Juga: Duh, Fans Luar Negeri Terlambat Nikmati Lagunya, Marcell Siahaan Merasa Miris

Sementara itu, keputusan pelantun Takkan Terganti ini menolak menekuni pekerjaan hukum sejatinya karena ingin terus berkarya sampai tua. Ia sendiri mengibaratkan musik adalah bagian lain dari hidupnya.

"Suara habis masih bisa diobati, kalau nafas habis baru. Kenapa harus saya lakukan? Sampai mati bahasanya. Kalau saya masih bisa berkarya, saya akan berusaha untuk menyenangkan hati banyak orang. Kembali mengutip karya tante Ernie Djonan lagi," kata Marcell.

"Sampai titik darah penghabisan, saya akan terus berusaha untuk mengekspresikan apa yang ada dalam diri saya untuk membahagiakan orang," pungkasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini