nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Udara Makin Panas, The Changcuters Terlibat Usaha Penghijauan di Madura

Lidya Hidayati, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 04:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 23 33 1818928 udara-makin-panas-the-changcuters-terlibat-usaha-penghijauan-di-madura-Poft3e4xra.jpg The Changcuters (Foto: Lidya/Okezone)

MADURA - Proses penghijauan di Kabupaten Bangkalan dengan menanam trembesi yang digelar pada Rabu 22 November 2017 mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk para selebriti. Selain Nugie, band eksentrik The Changcuters juga turut terlibat dan mendukung gerakan penghijauan Bangkalan tersebut.

Baca Juga: The Changcuters Tak Tertarik Garap Musik EDM

Dalam pernyataannya, The Changcuters mengaku bangga bisa dilibatkan dalam usaha pelestarian lingkungan di Bangkalan. Band beranggotakan lima orang tersebut program yang mereka lakukan bersama pemerintah Bangkalan dan Djarum Foundation itu dapat ditiru oleh masyarakat luas.

"Ketika diajak dalam program ini, saya dan personel The Changcuters lainnya sangat senang dan bangga bisa turut terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan. Harapan saya program ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat agar ikut serta melakukan upaya penghijauan dan menyebar ke seluruh Indonesia," kata sang vokalis, Tria dalam rilis di Alun-alun Kabupaten Bangkalan, Rabu 22 November 2017.

Tria menyadari betapa perlunya penghujauan di bumi ini. Mantan kekasih Tyas Mirasih itu menyebut jika saat ini, seperti yang sudah diketahui publik luas, terjadi begitu banyak perubahan di lingkungan bumi yang kita tinggali sebagai akibat dari global warming.

"Karena seperti yang kita tahu, pemanasan global memicu banyak dampak bagi lingkungan kita. Contoh paling sederhana adalah suhu udara yang semakin panas. Apalagi di negara kita yang beriklim tropis," lanjut Tria.

Sementara itu, upaya penghijauan di Bangkalan dengan menanam trembesi ini tak hanya dilakukan untuk melindungi alam. Di balik itu, pemerintah lokal berharap keadaan kota yang lebih rindang dan sejuk akan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk datang berkunjung ke Bangkalan.

"Saya kira sangat mendukung. Di Bangkalan ya, ada Gua Putih salah satu jujugan wisata. Itu sangat gersang. Kalau ditanami trembesi, sangat baik itu. Apalagi kecepatan tumbuh trembesi sangat bagus," tutur Mondir A. Rofi'i, Wakil Bupati Bangkalan di Alun-alun kabupaten.

Baca Juga: Qibil 'The Changcuters' Pamer Foto Lompat Sambil Bermain Gitar

Ia menyambung, "Ada Arosbaya. Itu air mata di gunung. Kalau dibuat hijau, saya kira lebih menarik. Bagus. Kenapa di Gua Putih gersang? Itu akibat penambangan masyarakat, galian c itu. Makanya perlu ada penghijauan gitu."

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini